Binance Luncurkan Bicasso, Platform Pembuatan Gambar Berbasais AI Mirip Dall-E Tapi Ada Bedanya!
Bursa kripto Binance bikin platform AI generated NFT. (Foto; Dok. ComprareBitcoin)

Bagikan:

JAKARTA - Bursa kripto terbesar di dunia, Binance, baru saja meluncurkan platform seni baru yang unik bernama Bicasso. Platform ini menggabungkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan non-fungible token (NFT), yang membuatnya menjadi sangat menarik bagi para seniman dan kolektor NFT di seluruh dunia.

Pengumuman dilakukan oleh CEO Binance, Changpeng Zhao atau CZ, pada tanggal 1 Maret lalu melalui akun Twitter miliknya. Bicasso memungkinkan pengguna untuk memasukkan permintaan deskriptif yang akan dimanfaatkan oleh AI untuk menciptakan karya seni.

Selain itu, pengguna juga bisa mengunggah foto yang ingin digabungkan dengan karya seni buatan AI. Dalam tweet-nya, CZ menambahkan bahwa versi beta dari Bicasso sudah tersedia dan hanya terbatas untuk 10 ribu pencetakan atau minting koleksi digital.

"Ini adalah produk AI Binance baru yang menyenangkan yang disebut Bicasso," tweet CZ pada hari Rabu. "Anda dapat mengubah visi kreatif Anda menjadi NFT dengan AI. Cobalah dan tunjukkan apa yang Anda buat dengannya. Versi beta tersedia sekarang, terbatas untuk 10 ribu mint," tambah CEO Binance.

Sama seperti platform seni lainnya yang menggunakan AI, Bicasso juga menarik perhatian para seniman dan kolektor NFT di seluruh dunia. Beberapa pengguna membagikan kreasi seni buatan mereka kepada CZ, sementara yang lain mendapatkan pesan kesalahan karena sistem sedang sibuk. Namun, sejak pengumuman peluncurannya, uji coba produk Bicasso telah ditutup dan pengguna yang tertarik harus bergabung dalam daftar tunggu.

Bicasso menjadi produk AI Binance terbaru yang menjadi populer di tahun 2023. Perusahaan teknologi AI, Openai, Chatgpt, juga dikenal sebagai GPT-3, menjadi berita utama di tahun ini. Sementara beberapa program seni yang menggunakan AI seperti Nightcafe, DALL-E, Starry AI, Jasper, dan Deep AI juga semakin digemari oleh para seniman di seluruh dunia.

Meski demikian, peluncuran Bicasso masih menuai beberapa pertanyaan dari pengguna. Beberapa di antaranya menanyakan lebih lanjut tentang algoritma AI yang digunakan oleh Bicasso.

Namun, langkah Binance untuk menghadirkan platform seni baru yang menggabungkan AI dan NFT dinilai sebagai sebuah terobosan dan semakin menambah daya tarik bagi para pengguna kripto yang ingin menciptakan karya seni yang unik dan berharga.