Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform artificial intelegent (AI) ChatGPT sedang populer dan semakin banyak orang yang menggunakannya. Platform kecerdasan buatan ini tidak hanya bisa diakses di laptop atau desktop, tapi juga dapat digunakan di HP. Bagaimana cara menggunakan ChatGPT lewat HP?

ChatGPT banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Platform dari OpenAI ini disediakan secara gratis dan ada yang premium. ChatGPT merupakan teknologi pintar yang bekerja dengan cara membaca instruksi dari penggunanya. Platform ini dapat menjawab berbagai pertanyaan dari penggunanya. 

Kini penggunaan ChatGPT semakin mudah karena bisa diakses lewat smartphone atau HP. Lantas bagaimana cara menggunakan platform ini di smartphone?

Cara Menggunakan ChatGPT di HP

Untuk menggunakan ChatGPT di smartphone, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka browser yang ada di ponsel Anda

2. Masuk ke laman chat.openai.com

3. Silakan login menggunakan email Anda. Apabila belum memiliki akun, Anda akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu.

4. Setelah berhasil login, Anda bisa menggunakan layanannya dengan memasukkan pertanyaan atau instruksi seperti biasa. Misakan, “buatkan tulisan tentang pohon kelapa”, “tips merawat sepatu”, dan lainnya. 

5. Apabila permintaan sudah Anda kirim, ChatGPT akan membalasnya. Di kolom dalam platform ini nantinya akan ditampilkan jawaban atas pertanyaannya atau perintah Anda. 

Cara Menggunakan ChatGPT di Laptop

Cara penggunaan ChatGPT di HP maupun di laptop sebenarnya sama. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Buka browser di laptop Anda

2. Masuk ke laman https://chat.openai.com/

3. Silakan login dengan memasukkan alamat email Anda. Apabila belum memiliki akun, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilakukan menggunakan akun G.mail.

4. Setelah berhasil login, Anda bisa menggunakan layanannya dengan memasukan pertanyaan atau perintah. 

5. Selanjutnya klik ‘Send’, dan platform ini akan memproses permintaan Anda

6. Tunggu beberapa saat, dan jawaban atas pertanyaan Anda akan ditampilkan di layar. 

Batasan ChatGPT

OpenAI menerapkan batasan dalam penggunaan ChatGPT untuk mencegah penyalahgunaan platform ini. Batasan mengenai platform ini akan ditampilkan pada halaman awal setelah login. Salah satunya peringatannya, yaitu ChatGPT mungkin akan membeerikan informasi yang kurang tepat dari permintaan Anda. 

Selain itu, ChatGPT juga mungkin menghasilkan konten yang berbahaya. Platform ini juga terbatas pada pengetahuan dan kejadian yang terjadi hingga 2021. 

Di samping itu, platform yang diluncurkan pada November 2022 ini masih memiliki kekurangan. Platform ini masih belum matang, sehingga perlu disupport dengan teknologi yang lebih mendukung lagi. 

Untuk mengatasinya, salah satu cara yang dilakukan oleh OpenAI adalah membuat platform The Classifier. Platform ini berfungsi untuk mendeteksi teks buatan ChatGPT untuk membantu memberantas pengguna teks yang mengklaim kasih karya mereka. Jadi The Classifier dihadirkan untuk mencegah klaim palsu bahwa teks buatan AI ditulis oleh manusia. 

ChatGPT Versi Premium

Pada awalnya platform ChatGPT tersedia secara gratis. Namun seiring berjalannya waktu OpenAI memberlakukan ChatGPT versi premium. Meski demikian pengguna tetap bisa menggunakan platform ini tanpa berlangganan, yaitu pada layanan biasa atau gratis. Namun ada beberapa fitur yang tidak disediakan pada versi gratisnya. 

ChatGPT versi premium disediakan bagi pengguna yang ingin mengakses layanan secara lengkap yang tidak tersedia di versi biasa. Untuk menggunakan layanan premium, pengguna perlu berlangganan sekitar Rp300 ribu per bulan. 

Versi premium dari ChatGPT ini sudah dihadirkan bagi pengguna Indonesia. Sebelumnya versi premium sudah dirilis OpenAI pada 1 Februari 2023, namun baru bisa di akses di beberapa negara pilihan. 

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan ChatGPT lewat HP. Langkah-langkah penggunaannya pada dasarnya sama seperti ChatGPT di laptop. Untuk bisa mendapatkan layanannya secara lengkap, Anda disarankan untuk berlangganan ChatGPT versi premium atau berbayar.