NFT Moonbirds: Pengertian dan Pengembangnya
Mengenal NFT Moonbirds dan pengembangnya. (Foto; Dok. Opensea)

Bagikan:

JAKARTA - Moonbirds telah mencatatkan namanya sebagai salah satu koleksi NFT yang patut diperhitungkan. NFT atau token non-fungible telah menjadi tren populer di kalangan penggemar mata uang kripto dan seniman digital. Koleksi NFT Moonbirds, yang diluncurkan pada bulan April 2022, telah menarik perhatian seluruh komunitas. Ingin tahu lebih banyak tentang koleksi Moonbirds NFT? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu NFT Moonbirds?

NFT Moonbirds adalah kumpulan 10.000 item yang diterbitkan di bawah standar ERC-721 di jaringan Ethereum. Setiap Moonbird memiliki desain piksel yang telah teruji oleh waktu dalam komunitas mata uang kripto, dan dilengkapi dengan kemampuan nesting yang memungkinkan pengguna untuk mengunci dan menyimpan NFT mereka tanpa harus meninggalkan dompet mereka.

Selain kegunaan ini, setiap pemilik Moonbird juga mendapatkan manfaat lebih lanjut jika mereka memilikinya lebih lama, yang disebut nesting. Misalnya, pemilik Moonbird akan mendapatkan akses ke server Discord yang dipagari NFT, di mana pengguna akan memiliki akses ke saluran Moonbirds pribadi yang menawarkan informasi tentang drop yang akan datang, acara komunitas, bersarang, dan sebagainya.

Koleksi Moonbirds dicetak dengan harga masing-masing 2.5 ETH dan juga dilengkapi dengan royalti 5 persen untuk setiap penjualan sekunder yang diberikan kepada pencipta. Pemilik Moonbirds juga memegang hak kekayaan intelektual penuh atas koleksi tersebut, menurut situs web resminya.

Dalam waktu kurang dari seminggu setelah pencetakan, harga Moonbirds melonjak menjadi 36 ETH (senilai sekitar 108 ribu dolar AS atau setara Rp1,6 miliar) untuk mengantisipasi fungsionalitas nesting yang akan dibuka. Moonbirds diproyeksikan untuk menjadi inisiatif PFP blue-chip lainnya dengan banyak keuntungan tambahan bagi pemiliknya.

Siapa Pengembang NFT Moonbirds?

Di balik Moonbirds, ada organisasi yang bertanggung jawab atas koleksi ini, yaitu PROOF, yang didirikan oleh Kevin Rose dan Justin Mezzell, keduanya merupakan tokoh terkenal di dunia NFT. PROOF Collective, komunitas berpagar yang hanya dapat diakses oleh 1.000 orang yang memiliki PROOF Collective NFT, adalah grup pribadi yang terdiri dari 1.000 kolektor dan seniman NFT. Memegang NFT Kolektif PROOF hadir dengan berbagai keuntungan, salah satunya adalah kemampuan untuk mencetak dua Moonbirds selama peluncuran.

Meskipun volume penjualan NFT secara keseluruhan menurun pada tahun 2022, hype-nya masih jauh dari selesai. Tren tampaknya telah bergeser dari pasar yang terfragmentasi ke pasar di mana proyek-proyek blue-chip dan kelas atas menjadi pusat perhatian. Moonbirds adalah salah satu proyek NFT terbaru yang menarik perhatian seluruh komunitas, dan diharapkan akan terus menjadi sorotan di dunia NFT dalam waktu yang lama.