Marketplace NFT SuperRare PHK 30 Persen Karyawan, Imbas Penurunan Market?
Pasar NFT SuperRare pangkas karyawan. (Foto; Dok. SuperRare Twitter)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan perdagangan seni digital NFT, SuperRare dilaporkan memangkas 30 persen karyawannya. Alasan pengurangan karyawan, SuperRare telah mempekerjakan karyawan secara berlebihan. Keputusan ini memaksa pihak SuperRare untuk berpisah dengan stafnya.

Menurut CEO SuperRare Labs, John Crain, pada Jumat 6 Januari 2023, pertumbuhan karyawan dan pasar NFT tidak berimbang. SuperRare diklaim kelebihan jumlah karyawan. Pemangkasan ini dilakukan untuk penyeimbangan dan pengelolaan pertumbuhan perusahaan serta bagian dari upaya menghemat SDM yang terbatas.

"Startup adalah tindakan penyeimbangan dalam mengelola pertumbuhan yang cepat sambil melakukan segala kemungkinan untuk menghemat sumber daya yang terbatas," kata Crain.

Lebih lanjut, CEO SuperRare itu menguraikan bahwa pertumbuhan pasar yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya tidak berkelanjutan akibat guncangan yang dialami industri kripto. Oleh karena itu, dia menilai bahwa perusahaan telah melakukan kesalahan dengan mempekerjakan lebih banyak karyawan.

"Selama bull run baru-baru ini, kami tumbuh seiring dengan pasar. Dalam beberapa bulan terakhir, menjadi jelas bahwa pertumbuhan agresif ini tidak berkelanjutan: kami terlalu banyak mempekerjakan, dan bertanggung jawab penuh atas kesalahan ini," tambahnya.

Meski begitu, dia menilai bahwa ini merupakan bagian dari upaya untuk memperbaiki arah perusahaan. Craine berharap perusahaannya dapat terus melayani komunitas, seniman, dan kolektor NFT. Dengan begitu, SuperRare dapat menjadi pasar seni digital terbaik di dunia.

"Untuk memperbaiki arah, kami telah membuat keputusan sulit untuk merampingkan tim kami," tambahnya. "... Memastikan bahwa SuperRare Labs akan dapat terus melayani komunitas seniman, kolektor, dan kurator kami sambil tetap menjadi tujuan cryptoart terbaik di dunia."

Mengenal SuperRare

SuperRare adalah pasar seni kripto eksklusif yang memungkinkan pengguna untuk menjual dan mengumpulkan karya seni digital. Diluncurkan pada tahun 2018, marketplace ini melayani perdagangna seni digital NFT. Platform ini dibangun di jaringan Ethereum.

Pada Maret 2021, SuperRare mengumpulkan 9 juta dolar AS dalam putaran pendanaan Seri A. Putaran tersebut dipimpin oleh Velvet Sea Ventures dan 1confirmation, dengan partisipasi dari selebriti seperti Mark Cuban, Marc Benioff, dan Ashton Kutcher.

Platform NFT Lain yang PHK Karyawan

Salah satu perusahaan perdagangan NFT populer lain, OpenSea juga sempat melakukan pemangkasan karyawan sebesar 20 persen pada Juli 2022. Pengurangan karyawan terjadi selama musim dingin kripto berkepanjangan. Penurunan harga kripto terjadi sejak anjloknya Terra LUNA pada Mei 2022. Kemudian berimbas pada perusahaan kripto terkait. Yang terbaru, keruntuhan perusahaan pertukaran kripto terkemuka FTX.

Selain penurunan market kripto, kondisi makroekonomi juga turut mempengaruhi pasar kripto. Oleh karena itu, CEO OpenSea Devin Finzer memandang perlunya melihat "kemungkinan penurunan yang berkepanjangan". Meskipun demikian, eksekutif itu berharap pemangkasan karywan tersebut akan menempatkan OpenSea dalam posisi untuk "menjadi pasar terbesar di planet ini."