Mengenal <i>Marketplace</i> NFT Blur: Pengertian, Pendiri, Cara Klaim Airdrop Token, dan Keunggulannya
Pengertian dan keunggulan pasar NFT Blur. (Foto; Dok. Blur)

Bagikan:

JAKARTA – Menjamurnya seni digital NFT dalam beberapa tahun terakhir telah mengubah wajah kesenian hari ini. NFT juga telah memiliki peminatnya sendiri. Tidak sedikit kolektor yang berburu NFT langka di sejumlah platform lelang online seperti OpenSea, LooksRare dan lainnya.

Ketertarikan publik terhadap NFT memicu bermunculannya marketplace NFT, di mana setiap orang dapat menjual dan membeli seni digital tersebut secara langsung. Blur adalah salah satu marketplace NFT yang sedang naik daun. Blur membuat raksasa perdagangan NFT OpenSea kelabakan sehingga harus mengubah strategi platform mereka.

Lalu apa itu marketplace NFT Blur? Berikut ini akan dijelaskan pengertian Blur sebagai marketplace NFT baru yang mengalami peningkatan pesat dalam beberapa bulan terakhir.

Pengertian Marketplace NFT Blur

Blur Marketplace merupakan salah satu agregator NFT tercepat di ekosistem Ethereum yang sangat diminati oleh para pedagang pro dan pendatang baru. Diluncurkan pada Oktober 2020, pasar NFT ini memiliki total volume sebesar $1,05 juta dan saat ini menempati peringkat ketiga di Ethereum. Tim di balik Blur Marketplace terdiri dari orang-orang berpengalaman dari organisasi terkemuka seperti MIT, Citadel, dan Twitch.

Gagasan untuk calon merek ini muncul karena kurangnya agregator pasar NFT yang cepat. Oleh karena itu, Blur Marketplace hadir dengan tujuan menjadi pasar NFT yang cepat, efisien, dan dapat dipercaya. Selain itu, Blur juga menawarkan dukungan kuat terhadap royalti pencipta dan memungkinkan NFT yang terdaftar di platform ini memblokir pasar tanpa royalti. Seluruh etos ekosistem Blur mengarah pada "pedagang pro-NFT", tetapi memungkinkan pendatang baru untuk naik level dengan cepat saat mereka menavigasi alat dan fiturnya.

Siapa Pengembang Blur?

Pasar Blur didirikan oleh individu misterius yang hanya dikenal sebagai "PacmanBlur" (Twitter: @PacmanBlur). Pencipta marketplace ini masih anonim dan belum di-doxx. Tetapi ada laporan bahwa dia telah melakukan onboarding kepada pengguna awal dan influencer selama fase beta pribadi melalui panggilan tatap muka. Meski begitu, nama "PacmanBlur" sudah dikenal di kalangan pengguna Blur Marketplace. Paus Kera Bored @FranklinIsBored juga men-tweet bahwa dia telah melakukan panggilan video dengan Pacman dan menyatakan bahwa dia "bukan Beanie".

Jadi, Blur Marketplace memang menjadi solusi bagi pedagang pro maupun pendatang baru yang ingin berdagang dengan cepat dan mudah di ekosistem Ethereum. Selain itu, dengan dukungan kuat terhadap royalti pencipta dan hadiah token BLUR, pasar NFT ini juga memanjakan pengguna aktif yang tetap setia pada platformnya.

Cara Klaim Airdrop Token BLUR

Untuk mengklaim Blur Airdrop, pengguna harus terlebih dahulu menghubungkan dompet mereka ke Blur, mendaftarkan NFT mereka di platform, dan menggunakan platform secara aktif untuk mendapatkan token BLUR. Pasar NFT Blur memberi penghargaan kepada pengguna yang tetap setia pada platform mereka dengan memberikan lebih banyak token BLUR untuk setiap NFT yang didaftarkan, terutama NFT Blue-Chip dan NFT dari koleksi aktif.

Berikut ini cara mengklaim airdrop token BLUR:

1) Pertama, hubungkan dompet Anda ke Blur dan tanda tangani transaksi tanpa gas.

2) Selanjutnya, di sudut kiri atas, klik "Airdrop" dan pilih tab "Airdrop 2".

3) Di sini, marketplace akan menyarankan untuk mengunggah/mendaftarkan NFT agar Anda memenuhi syarat untuk mengklaim airdrop. Anda dapat mengikuti instruksi di layar untuk mengunggah Airdrop Anda. Layar ini juga akan memberi tahu Anda jumlah peti yang memenuhi syarat untuk airdrop. Setiap peti berisi jumlah token BLUR yang dirahasiakan.

Keunggulan Blur

Berikut adalah beberapa keunggulan dari platform Blur yang patut diperhatikan:

  1. Gratis

Blur adalah pasar NFT berbasis komunitas yang gratis. Berbeda dengan pasar NFT lainnya, Blur tidak membebankan biaya komisi atas transaksi yang terjadi pada platform, sehingga menjadikan pengalaman perdagangan NFT lebih efisien dan intuitif.

  1. Kumpulan Daftar NFT

Blur mengumpulkan daftar NFT dari pasar terkemuka seperti OpenSea, LookRare, dan X2Y2, sehingga pengguna dapat memperoleh akses ke berbagai jenis NFT yang diinginkan. Selain itu, platform ini juga memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan aset mereka sendiri secara langsung di Blur.

  1. Kecepatan dan Ketepatan

Blur berjalan hingga sepuluh kali lebih cepat daripada agregator NFT lainnya, sehingga transaksi pembelian NFT di platform ini sangat cepat dan efisien. Selain itu, tampilan transaksi yang cepat, dikombinasikan dengan pembaruan metadata yang hampir instan pada pengungkapan seni koleksi, memungkinkan pengguna Blur untuk mengambil gambar NFT dengan kecepatan dan ketepatan yang tinggi.

  1. Preset Prioritas Gas

Blur memiliki fitur preset prioritas gas yang membantu pengguna untuk memproses transaksi pembelian mereka lebih cepat daripada pesaing-pesaing lainnya. Fitur ini akan membantu pengguna untuk memenangkan persaingan dengan mereka yang membeli NFT melalui bursa atau agregator lain dengan memproses transaksi pembelian mereka terlebih dahulu.

  1. Alat Floor Sweeping

Platform Blur juga menawarkan alat untuk membantu pengguna dalam "floor sweeping" atau membeli beberapa NFT dengan harga terendah dari koleksi tertentu. Semua koleksi menampilkan bagan kedalaman lantai yang menunjukkan berapa banyak NFT yang terdaftar pada berbagai interval di atas lantai, membantu calon pembeli untuk memvisualisasikan bagaimana pembelian mereka akan berdampak pada pasar.

Platform Blur memiliki banyak fitur yang berguna bagi pedagang NFT yang ingin memaksimalkan penghasilan mereka. Semua fitur ini menjadikan Blur sebagai salah satu platform perdagangan NFT yang menjanjikan untuk masa depan. Demikian pengertian dan keunggulan Blur!