13 Istilah dalam Dunia NFT yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli Non-Fungible Token
Istilah dalam NFT yang harus diketahui. (Foto; Dok. NFT Starter)

Bagikan:

JAKARTA – Non-fungible token (NFT) telah booming dalam beberapa tahun belakangan, kendati saat ini market kripto dan NFT tengah mengalami penurunan signifikan. Dalam dunia NFT sendiri terdapat berbagai istilah yang hanya diketahui oleh komunitasnya.

Publik yang baru masuk ke dunia NFT mungkin akan kebingungan dengan berbagai istilah asing terkait aset digital tersebut. Meski begitu, istilah di dunia NFT dan di dunia kripto sendiri tidak begitu berbeda jauh, tim VOI.id akan membantu mengatasi kebingungan tersebut. Berikut ini istilah-istilah dalam dunia NFT:

1. Airdrop

Airdrop adalah pengiriman NFT atau token ke dompet pengguna secara gartis setelah pengguna melakukan sejumlah tugas sederhana seperti follow akun media sosial pengembang NFT, retweet, dan sebagainya. Proyek airdrop ini ditujukan sebagai promosi koleksi NFT baru.

2. Avatar

Avatar dalam NFT biasanya merepresentasikan pemiliknya. Karenanya, avatar bisa berupa gambar 2D maupun 3D. Avatar adalah bentuk personifikasi manusia di dunia virtual.

3. Blockchain

Blockchain adalah teknologi baru untuk menyimpan data secara digital dan aman. Ia berperan sebagai buku besar terdistribusi (distributed ledger) yang mencatat seluruh data maupun transaksi secara langsung dan tidak dapat diedit, dihapus maupun dimanipulasi. Blockchain menyimpan data di seluruh perangkat terdistribusi atau node yang ada di jaringan komputer di seluruh dunia, alih-alih server terpusat. Selain itu blockchain juga bersifat transparan, di mana seluruh data dapat dilihat oleh siapapun. Blockchain merupakan terknologi yang digunakan dalam cryptocurrency dan NFT.

4. DAO

DAO merupakan akronim dari Decentralize Autonomous Organizations atau Organisasi Otonom Terdesentralisasi. DAO adalah organisasi yang dijalankan di blockchain oleh sekelompok orang tanpa hierarki perusahaan. Ini diatur oleh smart-contract yang menetapkan aturan dan peraturan dan mengambil keputusan penting berdasarkan suara anggota. Dengan kata lain, tidak seperti perusahaan pada umumnya, DAO berfungsi secara otonom dan tanpa kepemimpinan.

5. Dompet kripto

Wallet atau dompet kripto adalah tempat menyimpan, mentransfer, dan mengelola aset kripto Anda, termasuk mata uang kripto dan seni digital NFT. Dompet ini bisa berupa perangkat lunak (atau hot wallet) untuk menyimpan aset digital secara online. Ada juga dompet perangkat keras (atau cold wallet), seperti Ledger, yang menyimpan token secara offline, menjadikannya pilihan yang lebih aman.

6. Dutch Auction

Lelang Belanda adalah di mana harga mulai tinggi, dan secara bertahap menurun seiring waktu. Banyak Marketplace menggunakan jenis lelang ini untuk NFT.

7. Gas Fee

Gas fee, atau biaya transaksi, adalah jumlah yang harus dibayarkan pengguna untuk melakukan transaksi di blockchain. Biaya tersebut masuk ke penambang blockchain yang memvalidasi transaksi di blockchain. Biaya gas bervariasi secara signifikan berdasarkan sejumlah parameter, termasuk aktivitas jaringan.

8. Gas War

Gas War atau perang transaksi dalam NFT terjadi selama peluncuran proyek atau penjualan bernilai tinggi ketika sejumlah besar orang bersaing untuk mendapatkan NFT tertentu. Pada dasarnya, permintaan menyebabkan harga transaksi Ethereum melonjak karena kemacetan jaringan.

9. Generative Art

Dengan beberapa NFT, seni digital sepenuhnya ditentukan oleh elemen jaringan; seperti hash transaksi. Untuk menjelaskan, setiap sifat NFT akan berbeda, seperti halnya nomor ID atau barcode akan berbeda. Oleh karena itu, ini menghasilkan NFT yang dihasilkan secara acak, atau seni generatif.

10. Mint

Mint merupakan proses pencetakan NFT. Pencetakan mengacu pada proses penambahan dan pencatatan NFT ke blockchain. Setelah dicetak, NFT tersedia untuk umum untuk dilihat, dibeli, dijual, atau diperdagangkan.

11. Marketplace NFT

Marketplace NFT adalah platform jual-beli NFT. Marketplace NFT paling populer meliputi OpenSea, LooksRare, Rarible, Solsea dan lainnya.

12. PFP

PFP atau gambar profil NFT adalah salah satu yang dirancang untuk ditampilkan sebagai gambar profil media sosial pengguna, terutama di Twitter. Beberapa contoh umum termasuk Bored Ape Yacht Club, CryptoPunks, dan Doodles.

13. Whitelist

Whitelist dalam NFT adalah daftar pengguna eksklusif yang mendapatkan akses awal ke salah satu NFT atau lebih dari proyek yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu.

Demikian artikel tentang istilah-istilah dalam dunia NFT yang wajib diketahui peminat seni digital.