Coinbase Umumkan Peluncuran Token Base
Coinbase akan luncurkan token Base. (Foto; Dok. Cryptonews)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan perdagangan kripto terkemuka di AS, Coinbase, mengumumkan peluncuran jaringan penskalaan lapisan dua (L2) Ethereum bernama Base. Testnet dari Base diluncurkan pada Kamis, 23 Februari, dan Coinbase berencana untuk mengembangkan dan menginkubasi jaringan tersebut untuk meningkatkan skalabilitas ekonomi kripto. Base akan menjadi open-source dan akan memanfaatkan OP Stack milik Optimism.

Coinbase bergabung dengan proyek penskalaan L2 Ethereum lainnya, seperti Polygon, Arbitrum, Optimisme, Loopring, Starknet, dan lainnya. Coinbase berharap bahwa Base dapat membantu mengubah onchain menjadi pengguna online dan onboard 1 miliar pengguna berikutnya ke dalam ekonomi kripto. Base menawarkan kesetaraan EVM penuh dengan biaya yang lebih murah dan berkomitmen untuk mendorong platform pengembang.

Pengembangan Base dilakukan bersama-sama dengan OP Labs dan Optimism Collective. Meskipun awalnya Coinbase akan memiliki lebih banyak kontrol, visi Base adalah menjadi sepenuhnya tanpa izin dari waktu ke waktu.

Base akan berkembang dari rollup Tahap 0 ke Tahap 1 pada tahun 2023 dan rollup Tahap 2 pada tahun 2024. Selain itu, Coinbase menegaskan bahwa mereka tidak berencana untuk mengeluarkan token jaringan baru.

Informasi tambahan, rollup adalah sebuah teknologi skala kedua (Layer 2) untuk jaringan blockchain, terutama untuk Ethereum. Rollup bertujuan untuk meningkatkan kapasitas transaksi blockchain dan mengurangi biaya transaksi yang mahal.

Sebagai platform L2, Base menawarkan biaya yang lebih rendah daripada biaya untuk bertransaksi onchain dengan Ethereum. Hal ini sejalan dengan tujuan utama dari penskalaan L2, yaitu meningkatkan kapasitas transaksi blockchain dan mengurangi biaya transaksi.

Meskipun biaya Ethereum saat ini lebih tinggi dari biasanya, protokol L2 Arbitrum yang menawarkan biaya lebih rendah telah melampaui jumlah transaksi harian Ethereum.

Coinbase juga mengumumkan peluncuran Dana Ekosistem Base untuk mendukung proyek tahap awal yang bekerja sama dengan Base, selama mereka memenuhi kriteria investasi perusahaan.

Peluncuran Base telah memicu peningkatan 7,4% dalam nilai token asli dari jaringan penskalaan L2 Optimisme, OP. Optimisme baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk meningkatkan jaringannya pada bulan Maret.