1inch Bakal Luncurkan Nama Domain Berbasis Blockchain untuk Saingi ENS
1inch dan Unstoppable Domains berkolaborasi bikin layanan nama domain berbasis blockchain. (Foto; Dok. 1inch)

Bagikan:

JAKARTA – 1inch, agregator pertukaran kripto terdesentralisasi telah menjalin kerja sama dengan penyedia nama domain NFT, Unstoppable Domains. Kemitraan ini berpotensi menyaingi penyedia nama domain berbasis blockchain terkemuka, Ethereum Name Service (ENS).

Pihak 1inch resmi mengumumkan kemitraannya dengan Unstoppable Domains pada 4 Oktober kemarin. Kolaborasi ini menandai peralihan nama domain ke ruang yang terdesentralisasi. Saat ini nama domain berbasis blockchian didominasi oleh ENS.

Berdasarkan keterangan resmi 1inch Network, kolaborasi tersebut memungkinkan pengguna dompet digital 1inch Wallet untuk bertransaksi aset digital dengan mudah dalam mengganti alamat wallet. Pasalnya, saat ini alamat wallet tersusun dari kombinasi angka dan huruf acak.

Jika pengguna secara tidak sengaja menghapus salah satu huruf atau angka dalam alamat wallet, maka aset digital yang dikirim akan hilang. Oleh karena itu, nama domain yang mudah dibaca untuk menggantikan address wallet akan berperan penting bagi para penggunanya. Maksud serupa juga ditawarkan dalam nama domain lain, termasuk ENS.

“Temui pengumuman paling tak terbendung minggu ini! 1inch dengan senang hati mengumumkan kemitraan dengan @unstoppableweb, penyedia nama domain NFT dan platform identitas digital,” tulis keterangan dari akun Twitter resmi 1inch Network, @1inch, 4 Oktober 2022.

Keunggulan Unstoppable Domains yang Tidak Dimiliki ENS

Sebagai informasi, Unstoppable Domains menghasilkan nama yang mudah dibaca pengguna dengan mencetaknya sebagai NFT sehingga pemiliknya dapat menyimpannya selamanya. Ini berbeda dengan ENS yang harus selalu diperbarui secara berkala, serupa dengan nama domain pada umumnya.

Melansir CryptoPotato, Platform ini juga menawarkan nama pengguna yang berbeda untuk kripto yang dapat memiliki akhiran, termasuk NFT, Wallet, Crypto, Bitcoin, Blockchain, 888, dan DAO. Pengguna dapat berinteraksi dengan Dompet 1inch mereka dengan nama-nama seperti andy.wallet atau money.crypto. Sedangkan nama domain ENS, semuanya harus diakhiri dengan .eth.

Menurut Unstoppable Domains, nama-nama tersebut juga dapat digunakan sebagai identitas digital. Saat mencari nama domain di platform, CryptoPotato menemukan bahwa harga tertinggi 10.000 dolar AS untuk nama domain populer seperti andy.wallet dan bahkan harganya lebih tinggi untuk nama domain langka, yang sebagian besar sudah diambil.

Sergej Kunz, salah satu pendiri jaringan 1inch, mengatakan bahwa masalah pengalaman pengguna, keamanan, dan identitas masih menahan adopsi arus utama Web3.

“Kemitraan dengan Unstoppable membuka peluang untuk mengatasi hambatan-hambatan ini dengan membuat onboarding Web3 lebih menyenangkan dan menarik,” tambahnya.

Unstoppable Domains mengklaim telah mendaftarkan 2,6 juta nama dan terintegrasi dengan 453 platform lain termasuk Trust Wallet, ShapeShift, OpenSea, Coinbase, dan browser Brave. Sebagai perbandingan, ENS memiliki 2,17 juta nama terdaftar dan lebih dari 500 integrasi.

Selailn 1inch dan Unstoppable Domains yang berpeluang menjadi rival ENS, Blockchain.com juga telah membagi-bagikan nama domain berakhiran .blockchain dan berpotensi menjadi pesaing ENS. Kendati begitu, 1inch dan Unstoppable Domains menawarkan keunggulan yang tidak dimilik ENS sebagaimana yang disebutkan di atas.