Fantastis! Domain Ethereum 000.eth Terjual 300 ETH Senilai Rp4,7 Miliar
Nama domain Ethereum ENS terjual miliaran rupiah. (Totalkrypto)

Bagikan:

JAKARTA – Nama domain Ethereum atau Ethereum Name Service (ENS) yang memudahkan komunitas kripto dalam menamai alamat dompet digitalnya.

Pasalnya ENS ini memungkinan pengguna kripto untuk tidak lagi menggunakan deretan kombinasi angka dan huruf acak dalam address wallet-nya. Mereka hanya perlu menggunakan ENS ini sebagai gantinya, misalkan jaka.eth. Pengguna juga bisa menjual ENS tersebut kepada pihak lain.

Menurut laporan terbaru, ENS “000.eth” baru saja terjual seharga 300 ETH atau sekitar 320.000 (sekitar Rp4,7 miliar). Faktanya, ini adalah nama domain .eth dengan penjualan tertinggi kedua. Yang pasti, ini tidak terlalu mengejutkan mengingat meningkatnya minat pada Ethereum Name Service (ENS).

Berdasarkan laporan NFTGo, pada 3 Juli 2022, seseorang telah membayar 300 ETH untuk domain 000.eth ENS. Pada saat itu, ini berjumlah 316.862 dolar AS. Kabarnya, ini adalah penjualan tertinggi kedua dalam sejarah nama domain .eth.

Sementara itu, pemilik domain 000.eth ENS memiliki beberapa domain ENS dan NFT blue-chip lainnya. Domain ENS termasuk samanatha-000.eth dan samanatha.eth. Sementara itu, dompet tersebut juga menyimpan Bored Ape #3553, yang terakhir berharga 115 ETH dan Fidenza #299, yang terakhir dijual seharga 85 ETH.

Sebelum 000.eth yang laku Rp4,7 miliar, nama domain termahal pertama adalah paradigm.eth. ENS tersebut terjual seharga 420 ETH yang bernilai 1,5 juta dolar AS (sekitar Rp22,5 miliar) pada Oktober 2021 lalu.

Pembelian besar-besaran tersebut menimbulkan kecurigaan bahwa pembeli ENS paradigm.eth adalah perusahaan modal ventura (VC) Paradigm. Namun spekulasi tersebut dibantah oleh Paradigm dengan menyatakan bahwa perusahaan tidak melakukan pembelian ENS tersebut.

Apa itu ENS?

Berdasarkan laman resminya, Ethereum Name Service adalah sistem penamaan terdistribusi, terbuka, dan dapat diperluas berdasarkan blockchain Ethereum. Sederhananya, ENS memungkinkan pengguna kripto untuk membuat nama yang simpel dan mudah diingat untuk alamat dompet kripto yang dimiliki.

Kemunculan ENS tentu saja memberikan kemudahan bagi komunitas kripto. Pasalnya dengan ENS komunitas tidak perlu lagi menggunakan alamat wallet sebelumnya yang tersusun dari rangkaian huruf dan angka yang acak dan panjang. Ini diklaim sangat sulit untuk diingat. Oleh karena itu ENS hadir sebagai solusi baru.