Neymar Punya NFT Bored Ape Yacht Club, Langsung Jadi Foto Profil Akun Twitter-nya!
Neymar mengaku punya NFT Bored Ape (Tangkapan layar Twitter, Neymar Jr)

Bagikan:

JAKARTA – Baru-baru ini bintang klub sepak bola Paris Saint Germain (PSG) Neymar Jr mengunggah kepemilikan NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) melalui akun Twitter. Neymar menghabiskan lebih dari 1 juta dolar AS untuk NFT dan alamat ENS.

Dilansir dari Cryptoptato, dengan unggahan tersebut Neymar telah menjadi anggota terbaru yang bergabung dengan Bored Ape Yacht Club elit. Pemain sepak bola asal Brasil itu membagikan foto BAYC bergambar kera merah muda yang dilengkapi dengan kacamata futuristik. Postingan tersebut dibubuhi tagar #BoredApeYC.

Bergabungnya Neymar ke BAYC menambah daftar tokoh-tokoh terkenal yang memiliki NFT bergambar kera tersebut. Sebelumnya, Eminem juga mengganti foto profilnya dengan BAYC. Yang terbaru, Serena Williams turut mengunggah foto NFT BAYC di media sosialnya.

Tercatat pada tanggal 20 Januari kemarin, Neymar mengubah gambar profilnya dengan menggunakan Bored Ape 6633. Pemain sepak bola rekan Lionel Messi itu dikabarkan membeli NFT Bored Ape tersebut seharga 159,99 Ethereum yang jika dikonversi ke rupiah setara Rp6,6 miliar berdasarkan harga ETH saat ini.

Namun Ape 6633 bukan satu-satunya NFT yang dimiliki Neymar. Pemain sepak bola memiliki kera lain yang lebih mahal yakni Ape 5269 yang ia beli seharga 189,69 ETH atau sekitar Rp7,8 miliar. Ape 5269 tersebut memiliki mata laser, ini merupakan tren yang populer di kalangan para maksimalis Bitcoin yang kerap menilai bahwa harga BTC bakal bisa tembus 100.000 dolar AS per koinnya.

Selain itu, Neymar dilaporkan memiliki NFT lain termasuk koleksi ACESnikers, CryptoPunks, dan Doodles. Tampaknya Neymar juga tidak mau ketinggalan dengan proyek Ethereum Name Service (ENS). Dia memiliki nama neymar-loves-rarepepes.eth.

Sebagai informasi, Ethereum Name Service merupakan layanan penamaan untuk alamat wallet, hash, dan pengenal lainnya yang dapat dibaca mesin. Layanan tersebut mengubah string data yang sulit dibaca menjadi alamat yang mudah dibaca. Misalnya address wallet yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf panjang, dengan ENS bisa diganti dengan tulisan yang mudah dibaca oleh manusia dan mesin sekaligus.

Cara kerja ENS sebenarnya tidak jauh beda dengan Domain Name System (DNS) yang kerap digunakan untuk alamat website. Setiap nama yang menggunakan ENS memiliki akhiran .eth sebagai contoh saja: Ghozali.eth.

Meski begitu, popularitas NFT kian meroket dalam beberapa bulan terakhir. Hal tersebut didorong oleh masuknya sejumlah nama besar dari industri hiburan dan olahraga seperti Eminem, Snoop Dogg, Neymar, Serena Williams, dan lainnya.