Lampaui Shiba Inu, Fantom (FTM) Jadi Token yang Paling Banyak Diperdagangkan di <i>Blockchain</i> Ethereum
Tansaksi kripto FTM di kalangan para whale meroket. (Coingape)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto Fantom (FTM) ini berhasil lampaui token meme Shiba Inu (SHIB) sebagai token yang transaksi perdagangannya sangat tinggi. Perdagangan FTM dilakukan oleh sekitar 1.000 whale Ethereum. Kendati demikian SHIB masih menjadi token memiliki kapitalisasi pasar tertinggi dibandingkan FTM.

Berdasarkan laporan pelacak pergerakan paus WhaleStats, saat ini FTM menjadi token ERC-20 yang memiliki “jumlah transaksi tertinggi di antara 1.000 dompet Ethereum teratas” dalam 24 jam terakhir.  

Dilansir dari CryptoGlobe, Fantom adalah “platform smart-contract berkinerja tinggi, skalabel, dan aman. Ini dirancang untuk mengatasi keterbatasan platform blockchain generasi sebelumnya.” Platform in bertujuan untuk menjadi yang lebih cepat dan lebih murah daripada blockchain lama “namun sangat aman.”

Di sisi lain, FTM telah kehilangan nilainya sekitar 40 persen dalam satu bulan terakhir yang disebabkan oleh aksi jual karena pengaruh invasi Rusia ke Ukraina. Meningkatnya inflasi di negara-negara besar juga turut mempengaruhi penurunan harga FTM.

Belum lagi tokoh penting dalam industri yakni Andre Cronje dan Anton Nell telah memutuskan untuk angkat kaki dari Fantom dan Yearn Finance. Cabutnya dua arsitek FTM dan YFI itu mempengaruhi jatuhnya nilai kedua kripto tersebut.

Dalam sebuah pernyataan dibagikan oleh Fantom Foundation di media sosial, Cronje mengatakan bahwa sementara dia memutuskan untuk pindah dari ruang keuangan terdesentralisasi (DeFi). Cronje mengakui bahwa “tim Fantom telah menghorati keterlibatan saya dengan mereka.” Selain itu, dia juga yakin bahwa FTM  berada di “jalur teknologi yang benar, dan saya tidak ragu bahwa mereka akan terus berhasil.”

Meski begitu, total nilai terkunci (TVL) Fantom mengalami penurunan dari 12 miliar dolar AS menjadi 6,7 miliar dolar AS dalam satu pekan terakhir. Ini didorong oleh faktor pengunduran diri Cronje dari proyek tersebut.

Kendati demikian, tansaksi Fantom mengalami peningkatan signifikan. Saat ini FTM menjadi token yang paling banyak diperdagangkan di antara whale Ethereum. Kebanyakan dari para paus itu juga memiliki SHIB dan native token bursa kripto FTX yakni FTT.

Anton Nell sendiri mengumumkan alasan kepergiannya bersama Cronje dalam sebuah kicauan Twitter. Nell menyatakan bahwa “Andre dan saya memutuskan untuk menutup lembaran kontribusi kepada ruang defi/kripto.”

Saat penulisan harga Fantom (FTM) diperdagangkan di level Rp15.968. Dalam satu pekan terakhir FTM anjlok 21,4 persen sebagaimana data dari Coingecko. Sementara harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) di level Rp49.124, itu terjadi pada 28 Oktober 2021 lalu.