Aurora Siap Terjun ke Bisnis Truk Otonom, Tahun 2023  Sudah Beroperasi
Truk produksi Aurora akan menghapus pekerjaan sopir truk dalam waktu dekat. (foto: file photo)

Bagikan:

JAKARTA - Startup self-driving Aurora mengatakan telah menemukan jalan untuk mengubah kendaraan otonom yang mahal menjadi bisnis yang menguntungkan. Mereka juga, memamerkan teknologinya kepada investor pekan ini menjelang go public yang diharapkan akan memberikan dana tambahan sekitar 2 miliar dolar AS (Rp28,6 triliun).

Langkah ini dilakukan ketika beberapa perusahaan truk otonom bersiap untuk meluncurkan rute tanpa pengemudi di tahun-tahun mendatang. Mereka juga mulai mendaftarkan mitra industri dan pelanggan dalam upaya untuk mengubah self-driving yang lama sulit dipahami menjadi kenyataan yang menguntungkan.

Tidak seperti beberapa pesaingnya, Aurora ingin menyediakan layanan truk kargo otonom dan robotaxi, dengan mengatakan kombinasi tersebut akan menurunkan biaya. Aurora juga yakin memberikan aliran pendapatan yang lebih besar, dan memungkinkan transfer teknologi.

"Truk memungkinkan kami untuk membangun bisnis yang menguntungkan dan terukur yang mendanai pengembangan lebih lanjut dari layanan transportasi online dan menurunkan biaya perangkat keras," kata Sterling Anderson, co-founder dan chief product officer Aurora, dalam sebuah wawancara seperti dikutip Reuters.

Dia berbicara di terminal truk South Dallas perusahaan, di mana investor, analis dan jurnalis mengendarai salah satu truk jalan raya otonom dengan dua pengemudi keselamatan berada di tempatnya.

Perusahaan kendaraan otonom (AV) belum menghasilkan pendapatan yang signifikan meskipun investor telah menggelontorkan miliaran dolar untuk pengembangan mereka.

Truk otonom telah muncul sebagai peluang paling cepat untuk mengkomersialkan AV, yang didorong oleh pertumbuhan e-commerce dan kekurangan pengemudi.

Pengemudi truk saat ini menyumbang lebih dari 40% biaya per mil, namun mereka hanya dapat mengemudi tidak lebih dari 11 jam per hari. Semua batasan ini tidak berlaku untuk truk otomatis.

Aurora, yang berencana untuk go public tahun ini melalui merger dengan perusahaan cek kosong Reinvent Technology Partners Y  dengan kapitalisasi pasar pro-forma sebesar 13 miliar dolar AS, telah memproyeksikan impas pada tahun 2027, tetapi Anderson menolak untuk menentukan bagaimana segera perusahaan mengharapkan untuk memperoleh laba bersih.

Ia berencana untuk meluncurkan truk tanpa pengemudi sepenuhnya pada akhir 2023, dengan robotaxis menyusul setahun kemudian.

Anderson mengatakan bisnis ride-hail miliknya pada awalnya hanya akan fokus pada perjalanan bandara dan kawasan bisnis dengan margin tinggi yang tidak memerlukan robotaxis untuk menavigasi lingkungan perkotaan yang kompleks.

Tetapi perusahaan Bay Area yang berusia empat tahun menghadapi persaingan ketat dari perusahaan rintisan yang didanai dengan baik termasuk Waymo milik Alphabet Inc, Argo yang didukung oleh Ford Motor Co  dan Volkswagen AG, dan Cruise , yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh General Motors Co. Ini juga menghadapi persaingan dari startup Cina TuSimple, yang go public pada bulan April.

“Kemampuan untuk menjalin kemitraan adalah kuncinya,” kata Anderson. Aurora telah bermitra dengan pembuat truk PACCAR dan Volvo Group, Toyota Motor Corp dan perusahaan ride-hail Uber Technologies Inc.