Bagikan:

JAKARTA - Belum lama setelah iPad mini diluncurkan, beberapa pengguna mengeluhkan layar pada perangkat mereka mengalami jelly scroll. Tampaknya satu sisi layar bergulir dengan kecepatan yang berbeda dari yang lain, membuatnya seperti layar bergoyang.

Meski tidak membawa dampak yang sangat buruk, tetapi pengguna jadi tidak nyaman. Para pengguna menduga hal ini terjadi dikarenakan adanya perbedaan kecepatan refresh rate yang berbenturan. Membuat efek dimana layar dari perangkat ini terlihat bergoyang saat pengguna menggulir layar.

Mengutip The Independent, Kamis, 30 September, Apple telah menyadari masalah tersebut, namun bukannya memberikan solusi yang lebih baik, perusahaan hanya menganggap goyangan itu terlihat normal, dan bukan sesuatu yang perlu diperbaiki. Tentu saja para pengguna terheran-heran dengan pernyataan Apple.

Perusahaan mengatakan, masalah ini muncul karena tipe layar LCD iPad mini tersebut menggunakan refresh rate layar dengan teknologi baris demi baris, yang kemudian akan menampilkan efek jelly saat terjadi perbedaan laju penyegaran.

Meski demikian, hal ini baru terjadi di iPad mini generasi terbaru. Sedangkan sekarang sudah cukup banyak perangkat Apple menggunakan panel yang sama, dan tidak terjadi masalah serupa.

Karena Apple menganggap itu bukan masalah besar, kemungkinan perusahaan tidak akan menarik perangkat mereka dari pasaran, atau memberikan layanan untuk perbaikan layar pada iPad mini generasi terbaru itu.