Nasihat Elon Musk kepada Pemerintah AS yang Coba Mengatur Kripto: Jangan Lakukan Itu!
Elon Musk nasihati pemerintah AS untuk jangan atur pasar kripto. (foto; dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla Elon Musk pada Selasa, 28 September  mengatakan pemerintah AS harus menghindari usahanya yang mencoba untuk mengatur pasar kripto.

“Menurut saya, tidak mungkin untuk menghancurkan kripto, tetapi mungkin bagi pemerintah untuk memperlambat kemajuannya,” kata Musk pada Konferensi Kode di Beverly Hills, California.

Musk di atas panggung menanggapi pertanyaan ITU dari kolumnis New York Times Kara Swisher. Dia bertanya apakah pemerintah AS harus terlibat dalam mengatur ruang crypto.

"Saya akan mengatakan, 'Jangan lakukan apa-apa,'" katanya.

Tesla mengatakan awal tahun ini bahwa mereka telah membeli bitcoin senilai 1,5 miliar Dolar AS (Rp 21 triliun). Nilai kepemilikan tersebut membengkak menjadi sekitar 2,5 miliar dolar AS (Rp 35 triliun) pada kuartal kedua karena harga bitcoin melonjak. Bitcoin sejak itu turun, bersama dengan cryptocurrency lainnya.

Musk, yang sering menggembar-gemborkan dukungannya untuk berbagai koin digital di Twitter, sangat optimistis dengan peran kripto yang berpotensi mengurangi “kesalahan dan latensi” dalam sistem uang lama. Tetapi dia mengakui bahwa crypto tidak memiliki semua jawaban untuk penyakit masyarakat.

“Saya tidak akan mengatakan bahwa saya ahli cryptocurrency besar,” kata Musk. “Saya pikir ada beberapa nilai dalam cryptocurrency, tetapi saya tidak akan mengatakan itu adalah kedatangan Mesias yang kedua.”

Musk juga membahas peran China dalam penambangan dan regulasi kripto. Pekan lalu, bank sentral China menjabarkan langkah-langkah yang lebih keras dalam tindakan keras kripto yang lebih luas, termasuk sistem yang ditingkatkan untuk memantau transaksi terkait kripto.

Musk mengatakan kemungkinan besar ada hubungannya dengan "masalah pembangkit listrik yang signifikan" di negara itu.

"Sebagian mungkin sebenarnya karena kekurangan listrik di banyak bagian China," kata Musk. “Banyak daerah di China Selatan saat ini mengalami pemadaman listrik secara acak, karena permintaan listrik lebih tinggi dari yang diharapkan. Penambangan kripto mungkin memainkan peran dalam hal itu,” katanya.

Pada tingkat yang lebih tinggi, sifat mata uang kripto yang terdesentralisasi dapat menghadirkan tantangan bagi pemerintah China.

“Saya kira cryptocurrency pada dasarnya ditujukan untuk mengurangi kekuatan pemerintah terpusat,” kata Musk. “Mereka tidak suka itu.”