Chip AZ2 Neural Edge Milik Amazon Punya Teknologi Pengenalan Wajah dan Suara
Chip AZ2 hadir dengan fokus baru Amazon yang disebutnya Ambient Intelligence. (foto: dok. amazon)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon baru saja mengumumkan jajaran perangkat terbarunya, salah satunya Echo Show 15 yakni layar sentuh interaktif yang bisa menjadi asisten virtual di rumah Anda. Namun kali ini, perangkat tersebut mengalami perubahan yang cukup signifikan dari pendahulunya.

Perusahaan membekali Echo Show 15 dengan dibekali CPU barunya yang hadir dengan beberapa aplikasi menarik. Adalah Chip AZ2 Neural Edge Amazon, dibangun di atas antarmuka pembelajaran mesin yang ditayangkan perdana dengan AZ1. Memungkinkan perangkat Amazon mengenali suara pengguna dengan lebih baik, tetapi juga memiliki kemampuan pengenalan wajah.

Chip AZ2 hadir dengan fokus baru Amazon yang disebutnya Ambient Intelligence. Mengutip The Verge, Rabu, 29 September, Chip AZ2 mampu melakukan 22 kali jumlah operasi per detik dibandingkan dengan AZ1, yang berarti dapat secara bersamaan memproses ucapan dan pengenalan wajah.

Informasi yang dipelajari Chip AZ2 tentang wajah pengguna akan menjadi bagian dari apa yang disebut Amazon sebagai Visual ID, dan mengharuskan pengguna untuk mendaftar secara khusus dalam fitur ini. Ini memungkinkan Echo Show 15 untuk mengenali pengguna dan menampilkan konten khusus berdasarkan profil Alexa pengguna.

Sama seperti pendahulunya, Chip AZ2 adalah prosesor tepi saraf, itu artinya menggunakan pembelajaran mesin untuk mengurangi jumlah data yang perlu dikirim atau diterima dari cloud. Ini memiliki manfaat tidak hanya mengurangi latensi tetapi juga mengurangi jumlah data yang disimpan di cloud.

Sementara Amazon telah membuatnya sangat mudah untuk mengontrol, melihat, dan mengedit informasi yang dapat diaksesnya. Saat ini, Echo Show 15 adalah satu-satunya perangkat keras Amazon yang dibekali Chip AZ2. Tetapi seperti Chip AZ1, pengguna dapat mengharapkannya menjadi bagian penting dari teknologi di perangkat Amazon lainnya di masa mendatang.

Sebagai informasi, Echo Show 15 didukung layar 1080p 15,6 inci, serta memiliki pilihan hiburan yang mencakup Prime Video, Netflix, Hulu, dan banyak lagi. Semua Acara Echo akan segera mendukung streaming TikTok dan Sling TV juga. Perangkat ini baru akan tersedia akhir tahun nanti.