Bagikan:

JAKARTA - Apple diam-diam mengonfirmasi pengembangan perangkat baru yang disebut-sebut sebagai 'game-changer' oleh pengguna iOS. Seorang ahli coding menemukan petunjuk di backend perangkat lunak Apple yang menunjukkan bahwa perusahaan sedang mengerjakan iPad mini 7.

Berbeda dengan iPhone yang diperbarui setiap tahun, iPad mini terakhir kali mendapatkan pembaruan pada tahun 2021. Namun, iPad mini 6 yang dirilis pada tahun yang sama menjadi tablet kedua paling populer setelah model Pro.

Meskipun Apple belum secara resmi mengonfirmasi perangkat baru ini, para ahli industri memprediksi iPad mini 7 akan memiliki desain all-display 8,3 inci, termasuk kamera depan dan chip sekelas iPhone 15.

Nicolás Álvarez baru-baru ini menemukan data dalam perangkat lunak Apple yang menunjukkan produk baru sedang dalam pengembangan, mengungkapkan bahwa iPad mini 7 akan mendukung koneksi seluler dan Wi-Fi.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa tablet baru ini akan mengurangi 'jelly scrolling', masalah di mana teks dan gambar pada satu sisi layar tampak miring ke bawah, yang sering dikeluhkan oleh pengguna iPad. Apple diperkirakan akan memperbaikinya dengan merancang perangkat agar secara otomatis menyesuaikan dan berputar sesuai dengan cara pengguna memegang perangkat.

Para ahli juga memprediksi bahwa Apple akan menambahkan beberapa fitur terbaru iPad ke model mini, seperti kamera depan yang diluncurkan pada bulan Mei dengan iPad Air yang didesain ulang. iPad mini 7 juga kemungkinan akan mendukung Pencil Pro yang dirilis pada bulan Mei.

Pencil Pro memungkinkan pengguna melakukan berbagai tugas dengan menekan dan memutar untuk mencatat, menandai gambar, dan membuat karya digital. Fitur barrel roll memungkinkan pengguna memutar pena untuk kontrol presisi pada alat pena dan kuas.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan umpan balik haptic dan fitur hover, yang memungkinkan pengguna menulis, menggambar, dan mengilustrasikan tanpa menyentuh Pencil ke iPad. Jika Apple tetap dengan desain terbaru iPad, pengguna juga bisa melihat iPad mini tertipis hingga saat ini.

Menurut MacRumors, penggemar Apple bisa melihat perilisan iPad mini pada akhir tahun ini, sekitar bulan September atau Oktober. Meskipun belum ada informasi mengenai harga, iPad mini 6 saat ini mulai dari  350 dolar AS (Rp5,6 juta)