Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja mengumumkan generasi terbaru iPad Mini 7 pada Selasa, 16 Oktober 2024, yang datang tiga tahun setelah peluncuran iPad Mini 6. Meskipun secara fisik tampilan iPad Mini 7 serupa dengan pendahulunya, pembaruan besar terjadi di bagian dalamnya, yakni penggunaan chip A17 Pro. Namun, iPad Mini 7 menggunakan versi binned dari chip A17 Pro yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 15 Pro.

A17 Pro yang ditenagai iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max memiliki CPU 6-core dan GPU 6-core, dengan dukungan RAM 8GB. Namun, Apple mengungkapkan bahwa iPad Mini 7 menggunakan versi binned dari A17 Pro dengan GPU 5-core, satu core lebih sedikit dibandingkan yang ada pada iPhone 15 Pro.

Chip binning sendiri adalah proses kontrol kualitas dalam produksi chip, di mana beberapa core pada chip yang tidak memenuhi performa maksimal dinonaktifkan. Ini memungkinkan chip yang masih layak digunakan, meski dengan sedikit pengurangan performa.

Meskipun memiliki satu core GPU lebih sedikit, pengurangan ini diperkirakan tidak akan terlalu memengaruhi performa keseluruhan iPad Mini 7 untuk sebagian besar tugas harian. Dengan dukungan RAM 8GB dan chip A17 Pro, iPad Mini 7 tetap mampu menjalankan fitur-fitur kecerdasan buatan dari Apple yang akan hadir dengan iPadOS 18.1.

Bagi para pengguna, versi binned ini menawarkan keseimbangan antara performa tinggi dan efisiensi, menjadikan iPad Mini 7 tetap tangguh meski memiliki sedikit pengurangan pada GPU-nya.