Bagikan:

JAKARTA – Di Android 15, pengguna bisa mengubah besarnya kekuatan getaran haptik. Meski saat ini fiturnya hanya tersedia untuk ponsel Pixel, fitur ini akan tersedia di ponsel lain setelah Android 15 diperluas.

Fitur getaran adaptif sangat berguna saat ponsel berada di dalam mode getar dan tidak berada di dekat Anda. Misalnya, saat Anda menyalakan musik dari perangkat lain, getaran ponsel kemungkinan tidak akan terdengar.

Untuk mengatasi hal tersebut, getaran adaptif akan menyesuaikan tingkat getaran berdasarkan mikrofon dan sensitif lainnya di dalam ponsel. Dengan begitu, perangkat bisa membentuk tingkat suaranya sesuai dengan lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, perangkat ini akan mengeluarkan gerakan dan suara dalam mode standar. Namun, jika getaran terlewati atau pengguna tidak kunjung menyadari adanya getaran, kekuatan getarannya akan terus ditingkatkan.

Cara Mengaktfikannya Getaran Adaptif

Untuk saat ini, mode getaran adaptif hanya tersedia di ponsel Pixel. Jika Anda menggunakan ponsel tersebut, Anda bisa mengikuti tahapan berikut ini.

  1. Buka ponsel Pixel
  2. Pilih menu Getaran dan Sentuhan
  3. Ketuk menu Getaran Adaptif
  4. Klik toggle button Gunakan Getaran Adaptif

Setelah kembali ke pengaturan, ponsel akan mulai menyesuaikan getaran menggunakan getaran adaptif. Perlu diketahui bahwa mode ini tidak akan memengaruhi perangkat saat penggunanya mengetik atau berinteraksi dengan perangkat.