Bagikan:

JAKARTA – Threads, platform mikroblog milik Meta, kini mendapatkan dukungan predictive back gestures atau gerakan kembali prediktif. Fitur baru ini akan mempermudah pengguna untuk kembali ke antarmuka.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan di Android 13, tetapi pengguna harus mengaktifkan opsi Pengembang terlebih dahulu. Fungsi dari fitur ini cukup sederhana, yaitu meningkatkan navigasi gerakan dengan pratinjau layar utama atau layar sebelumnya.

Di Android 14, fitur gerakan kembali prediktif tidak mengalami perubahan atau perkembangan apa pun. Namun, di Android 15 versi beta yang sudah dirilis, dukungan yang mempermudah navigasi ini akan diaktifkan secara default.

Meski Android 15 belum diluncurkan ke versi publik, Threads sudah meluncurkan kemampuan tersebut di ponsel Android. Threads bukan satu-satunya aplikasi yang mengaktifkan gerakan kembali prediktif, tetapi kehadiran fitur ini tetap menjadi sebuah peningkatan.

Untuk merasakan navigasi gerakan yang lebih lancar, aplikasi Threads harus diperbarui ke versi 332.0.0.34.109 terlebih dahulu. Fitur ini juga hanya berfungsi jika Anda menggunakan Android 15 versi beta atau mengaktifkan mode Pengembang di Android 13.

Meskipun fungsi dari fitur ini sangat sederhana, pengguna Threads bisa menavigasi postingan di platform tersebut dengan mudah. Pengguna bisa keluar dari aplikasi dengan navigasi yang lebih baik dan kembali membuka Threads untuk melanjutkan dari postingan terakhir.

Threads memang terhubung dengan Instagram, tetapi fitur gerakan kembali prediktif ini tidak tersedia di platform berbagi foto tersebut. Tidak diketahui juga apakah Meta berencana memperluas dukungan itu ke Instagram di masa mendatang.