Bagikan:

JAKARTA – Saat ingin membeli iPad baru atau menjual iPad, Anda perlu menghapus seluruh data yang ada di perangkat tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar data Anda tidak disalahgunakan oleh pengguna baru.

Agar seluruh data bisa terhapus, mengutip dari Android Police, Anda perlu menggunakan fitur Factory Reset atau Pengaturan Ulang Pabrik. Namun, sebelum fitur ini digunakan, pastikan Anda sudah memindahkan atau mencadangkan seluruh file.

Tanpa memindahkan file ke iCloud atau perangkat lain, seluruh data Anda akan hilang, baik itu foto, video, file, hingga musik. Bahkan, seluruh kontak dan riwayat percakapan Anda di aplikasi perpesanan akan dihapus oleh sistem.

Jika seluruh data sudah tersimpan dengan baik, Anda bisa membuka Pengaturan, lalu gulir layar iPad untuk mencari menu Umum. Setelah itu, ketuk Transfer atau Atur Ulang iPad, kemudian pilih Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Saat pop-up konfirmasi muncul, ketuk Lanjutkan. Khusus untuk iPad yang memiliki jaringan seluler, baik 4G maupun 5G, Anda perlu memilih opsi Simpan eSIM dan Hapus Data atau opsi Hapus eSIM dan Hapus Data.

Selanjutnya, masukan kode sandi iPad, lalu pilih apakah Anda ingin mencadangkan data ke iCloud terlebih dahulu. Jika data sudah dipindahkan, Anda bisa memilih opsi tidak dan lanjutkan tahapan dengan mengisi Kata Sandi ID Apple.

Setelah kata sandi dimasukkan, pengaturan ulang pabrik akan dilakukan dan perangkat akan melakukan re-boot. Saat perangkat menyala kembali, iPad Anda akan menjadi perangkat yang baru karena seluruh data, termasuk wallpaper, telah kembali ke setelan awal.