Cara Mengatur Ulang MacBook ke Setelan Pabrik
Menyetel ulang MacBook (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Jika Anda ingin menjual MacBook yang sering Anda gunakan, Anda harus menghapus seluruh data yang Anda miliki terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar data Anda tidak berpindah tangan.

Ada cara cepat untuk membuat MacBook kembali ke setelan pabrik. Jika Anda pengguna macOS Ventura atau Sonoma, Anda bisa mengatur ulang perangkat menggunakan System Preference. Pertama, ketuk logo Apple terlebih dahulu.

Setelah itu, pilih Pengaturan Sistem dari dropdrown yang muncul. Setelah itu, pilih menu Umum di bagian bar samping, klik Transfer atau Reset di sebelah kanan, lalu ketuk Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Di sisi lain, pengguna macOS Monterey juga harus mengeklik logo Apple terlebih dahulu dan pilih System Preferences. Selanjutnya, klik System Preferences lagi di bilah menu dan klik Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Jika Anda telah mengeklik menu tersebut, Anda harus memasukkan kembali kata sandi perangkat Mac. Setelah itu, Erase Assistant akan terbuka dan Anda akan melihat opsi Mencandangkan Mac Menggunakan Time Machine.

Berikutnya, Anda akan diminta untuk keluar dari ID Apple dan mengeklik Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Jika seluruh tahapan sudah dilewati, Mac akan diatur ulang dan kembali ke setelan pabrik.

Itu dia cara mengatur ulang perangkat MacBook ke setelan pabrik. Cara ini memang hanya berfungsi di MacBook dengan sistem terbaru. Jika Anda pengguna MacBook dengan sistem yang lebih lama, Anda harus menggunakan Pemulihan MacOS.