Bagikan:

JAKARTA – Black screen atau kondisi layar yang gelap total karena sistem yang mengalami masalah merupakan kondisi yang cukup serius. Saat hal ini terjadi di iPhone, beberapa pengguna mungkin panik.

Ketika perangkat mengalami black screen, pengguna tidak akan bisa berinteraksi dengan ponsel mereka. Meskipun terkadang masalah ini terjadi karena gangguan pada sistem, ada beberapa perbaikan yang masih bisa Anda lakukan.

Paksa Mulai Ulang iPhone

Dilansir dari Makeuseof, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memulai ulang perangkat secara paksa. Untuk melakukan tindakan ini, Anda perlu menekan seluruh tombol dengan cepat satu per satu.

Pertama, tekan dan tahan tombol volume naik. Anda harus melakukan hal yang sama pada volume turun. Terakhir, tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul di layar.

Pulihkan iPhone dengan Finder

Jika cara di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan Mac dan membuka Finder untuk memulai ulang perangkat atau mengatur iPhone ke setelan pabrik. Cara ini akan menghapus semua data yang ada di dalam memori penyimpanan.

Sebelum menggunakan metode ini, perlu diketahui bahwa cara ini hanya berfungsi jika iPhone pernah disambungkan ke Finder dan Find My di iPhone telah dinonaktifkan. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Finder di Mac.
  2. Klik iPhone (nama Anda) di bawah bagian Lokasi.
  3. Buka tab Umum, lalu klik menu Pulihkan iPhone.
  4. Sebelum perangkat dipulihkan, pilih Cadangkan.
  5. Terakhir, pilih opsi Pulihkan.