Bagikan:

JAKARTA - Perlindungan Baterai dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi pengguna Galaxy yang ingin memperpanjang umur baterai. Panduan cepat ini akan membantu Anda mengaktifkan Perlindungan Baterai dan mengonfigurasinya untuk situasi khusus.

Mengisi daya ponsel hingga 100% setiap malam tidak selalu baik untuk baterai ponsel Anda. Meskipun hal ini tidak selalu salah untuk dilakukan, kadang tidak bisa dihindari karena beberapa ponsel tidak memiliki pengisian daya adaptif.

Jika baterai terus diisi daya tanpa perlindungan, hal ini dapat berdampak negatif pada umur baterai. Seiring waktu, Anda akan merasakan waktu antara pengisian daya menjadi lebih singkat karena kapasitas sel baterai asli tidak lagi maksimal. Ini karena aliran daya yang terus-menerus dapat menyebabkan overcharging dan merusak baterai.

Banyak ponsel – termasuk perangkat Galaxy – menawarkan pengisian daya adaptif secara default untuk mencegah hal ini. Ponsel seperti seri Pixel akan mengaktifkan pengisian daya adaptif antara jam tertentu jika waktu tidur sudah diatur. Fitur ini perlu diaktifkan agar berfungsi pada seri Galaxy.

Cara Mengaktifkan dan Mengonfigurasi Perlindungan Baterai pada Ponsel Galaxy

Pada perangkat Galaxy, ada tiga opsi utama di bawah Perlindungan Baterai: Dasar, Adaptif, dan Maksimum. Jika Anda memiliki jadwal yang tetap dan tahu kapan Anda akan tidur dan menjauh dari ponsel, gunakan mode adaptif. Mode ini memungkinkan ponsel Anda mengisi daya hingga 100% secara perlahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Mode Dasar akan mengisi daya ponsel Anda hingga 100%, kemudian berhenti, dan mengisinya lagi ketika daya turun hingga 95%. Metode ini bekerja untuk mencegah kerusakan baterai, tetapi bukan metode yang paling efektif.

Opsi ketiga, Maksimum, akan sepenuhnya menghentikan pengisian daya baterai setelah mencapai 80%. Ini adalah bentuk perlindungan baterai yang ekstrem, tetapi akan sangat membantu menjaga umur baterai jauh lebih lama.

Ada opsi keempat yang tersembunyi yang akan kita bahas di bawah ini.

Mengaktifkan Perlindungan Baterai

  1. Pada perangkat Galaxy Anda, buka Pengaturan.
  2. Ketuk Baterai dan tekan Perlindungan Baterai.
  3. Aktifkan fitur ini.
  4. Pilih metode perlindungan yang diinginkan.

Menggali Perlindungan Lanjutan

Dengan memanfaatkan Galaxy Routines milik Samsung, ada cara untuk menyesuaikan bagaimana Perlindungan Baterai diaktifkan. Ada banyak kemungkinan, tetapi dalam kasus ini, Anda dapat mengubah seberapa kuat mode maksimum sebenarnya, alih-alih membiarkannya aktif pada 80%.

Jika Anda masuk ke Modes and Routines, Anda dapat mengatur rutinitas yang akan mengaktifkan perlindungan baterai maksimum saat ponsel Anda mengisi daya hingga 90%. Ini memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi kapan ponsel Anda benar-benar berhenti mengisi daya, memberikan Anda sedikit lebih banyak daya sepanjang hari.

Ini juga dapat digunakan untuk mengatur persentase pengisian daya yang lebih rendah jika Anda benar-benar ingin memastikan baterai tidak pernah terisi penuh, meskipun hal ini mungkin tidak diperlukan. Namun, jika Anda bermain-main dengan rutinitas Samsung, Anda mungkin dapat menemukan cara berguna untuk menghemat energi pada ponsel Anda dan memperpanjang umur baterainya.