Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akhirnya meluncurkan aplikasi Microsoft Designer, sebuah platform untuk membuat dan menyunting gambar bertenaga kecerdasan buatan (AI) untuk semua pemilik akun Microsoft. 

Terintegrasi dengan produk-produk Microsoft termasuk Word dan PowerPoint, Designer didukung dalam lebih dari 80 bahasa di web, dan tersedia sebagai aplikasi seluler gratis baik di iOS atau Android, dan juga sebagai aplikasi di Windows.  

“Desainer kini tersedia melalui Copilot di beberapa aplikasi Microsoft 365 favorit Anda di web dan aplikasi PC untuk membantu Anda meningkatkan slide dan dokumen Anda,” tulis Microsoft dalam pengumumannya. 

Didukung dengan fitur-fitur AI yang canggih, cara kerja dan tampilan Designer tampak mirip dengan Canva. Di sana, Anda bisa menemukan template prompt yang akan membantu Anda memulai ide kreatif. 

Selain itu, Designer juga bisa membuat stiker, emoji, clip art, monogram, dan avatar khusus hanya dengan memasukkan sebuah ide dalam bentuk kata perintah saja. 

Di sini, Anda juga bisa membuat kartu ucapan atau kartu undangan dengan mudah hanya dengan memberikan deskripsi desain yang diinginkan. Ada juga Restyle image yang memungkinkan Anda mengubah foto menjadi karya seni apapun. 

Sama dengan platform pengeditan foto lainnya, Designer juga menyediakan alat untuk membuat bingkai foto khusus dan fitur kolase untuk menyatukan beberapa gambar Anda. 

Tidak lupa, Microsoft juga menghadirkan kemampuan untuk mengganti latar belakang foto. Unggah foto Anda, jelaskan gambaran untuk latar belakang Anda, dan AI akan secara otomatis membuatnya untuk Anda.

“Di Microsoft, kami berfokus pada pembuatan alat yang memanfaatkan potensi luar biasa dari AI generatif sekaligus memberikan pengalaman yang aman bagi pengguna kami,” pungkas Microsoft.