Bagikan:

JAKARTA - AMD telah merilis lebih banyak informasi tentang prosesor Ryzen 9000 generasi berikutnya dan arsitektur CPU Zen 5 mereka minggu ini menjelang peluncuran pada akhir Juli. Perusahaan ini mengulangi beberapa klaim kinerja tingkat tinggi yang dibuat bulan lalu—peningkatan kinerja dua digit pada tugas-tugas single-threaded dan multi-threaded dibandingkan Zen 4. Namun, AMD juga membanggakan efisiensi daya chip ini dibandingkan Ryzen 7000, dengan menunjukkan bahwa mereka akan mengurangi penggunaan daya meskipun meningkatkan kinerja.

AMD mengatakan bahwa mereka telah menurunkan batas daya default untuk tiga dari empat prosesor Ryzen 9000—Ryzen 5 9600X, Ryzen 7 9700X, dan Ryzen 9 7900X—dibandingkan dengan versi Ryzen 7000 dari chip yang sama. Meskipun batas daya default lebih rendah, ketiga chip tersebut masih membanggakan peningkatan kinerja dua digit dibandingkan pendahulunya.

AMD juga menyebutkan bahwa suhu CPU Ryzen 9000 telah berkurang hingga 7º Celsius dibandingkan chip Ryzen 7000 pada pengaturan yang sama.

Lebih Banyak Ruang untuk Overclocking

CPU Ryzen 9000 masih dapat didorong lebih jauh oleh pengguna yang ingin menaikkan batas daya tersebut dan mencoba overclocking. AMD menunjukkan bahwa semua chip ini memiliki lebih banyak ruang untuk overclocking otomatis Precision Boost Overdrive, tepatnya karena batas daya default meninggalkan sedikit lebih banyak kinerja yang bisa dimanfaatkan. Dengan demikian, orang-orang yang hanya ingin membangun komputer tanpa banyak tinkering akan lebih baik dilayani oleh chip yang berjalan lebih dingin dan menggunakan daya lebih sedikit.

Perubahan kecil tapi penting lainnya yang terkubur dalam slide presentasi AMD adalah perpanjangan garis waktu dukungan untuk soket AM5 hingga setidaknya 2027. Ini adalah perpanjangan dua tahun dari garis waktu "2025+" yang ditetapkan perusahaan pada akhir 2022. Komitmen formal AMD terhadap umur panjang soket AM5 membuatnya lebih mudah direkomendasikan bagi orang-orang yang secara teratur meningkatkan CPU mereka.

Chip Ryzen 9000 akan dapat dimasukkan ke motherboard AM5 saat ini setelah pembaruan BIOS. Perusahaan ini juga mengumumkan berbagai chipset seri 800 untuk motherboard baru, meskipun ini umumnya hanya datang dengan peningkatan kecil dibandingkan chipset seri 600 yang mereka gantikan.

X870E dan X870 dijamin memiliki port USB 4, dan X870 mendukung kecepatan PCIe 5.0 untuk slot GPU di mana X670 hanya mendukung kecepatan PCIe 4.0 untuk slot GPU. Chipset B850 kelas bawah masih mendukung kecepatan PCIe 5.0 untuk SSD dan kecepatan PCIe 4.0 untuk GPU, sementara chipset B840 kelas bawah bahkan lebih dibatasi pada kecepatan PCIe 3.0 untuk semuanya. B840 juga tidak akan mendukung overclocking CPU, meskipun masih dapat melakukan overclocking RAM.