Bagikan:

JAKARTA – AMD, perusahaan semikonduktor asal California, meluncurkan prosesor terbaru di acara Computex 2024. Prosesor tersebut adalah Ryzen AI 300 yang diklaim menggunakan Neural Processing Unit (NPU) terkuat.

Ryzen AI 300 dirancang untuk PC Copilot Plus atau komputer berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Dibangun di arsitektur XDNA 2 terbaru, NPU dari Ryzen AI 300 menghadirkan mesin yang bekerja tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan Ryzen AI 3 generasi kedua.

AMD menjelaskan bahwa prosesor ini menggunakan arsitektur Zen 5 yang dilengkapi dengan 12 inti CPU. Kinerja arsitektur ini sangat tinggi karena, "24 thread dan memori cache L3 on-chip 50 persen lebih banyak dibandingkan prosesor Zen 4."

Dengan berbagai komponen ini, AMD yakin bahwa Ryzen AI 300 merupakan prosesor canggih untuk komputer berbasis AI. Selain itu, prosesor ini mampu menjalankan berbagai macam aktivitas, baik itu berkaitan dengan pekerjaan maupun hiburan.

"Dengan arsitektur AI yang canggih dan kinerja supercharged untuk gaming dan produktivitas elit, Seri AI Ryzen generasi ketiga memungkinkan komputasi laptop yang privat, responsif, dan cerdas," kata AMD dalam siaran resminya.

Ada beberapa fitur utama yang AMD tonjolkan di prosesor Ryzen AI 300 buatannya. Dilengkapi dengan arsitektur grafis AMD Radeon seri 800M, prosesor ini mampu menjalankan beberapa fitur berikut ini:

  • Performa Tak Tertandingi: AMD yakin bahwa prosesornya memiliki performa yang sangat cepat hingga mendukung multitasking intensif, gaming imersif, dan pembuatan konten. Selain itu, prosesor ini bisa menjalankan berbagai tugas berat.

  • Lebih Privasi dan Responsif: Salah satu keunggulan Ryzen AI adalah pemrosesan beban kerja AI secara efisien. Prosesor ini bisa mengotomatiskan alur kerja, meningkatkan daya tanggap dan kreativitas, hingga menghasilkan konten dengan cepat.

  • Daya Tahan Baterai yang Baik: Dengan berbagai komponen yang unggul, komputer yang menjalankan prosesor ini bisa memainkan game elit tanpa khawatir dengan daya tahan baterai. Pasalnya, prosesor ini fokus pada efisiensi daya tahan baterai.

  • Memiliki Grafis Terbaik: Selain nyaman digunakan untuk bermain game tanpa khawatir baterai terkuras cepat, prosesor ini diklaim menghadirkan grafis terbaik saat bermain game. Prosesor ini memiliki frame rate tinggi dan latensi sangat rendah.