Bagikan:

YOGYAKARTA – Di tengah kecanggihan teknologi, personal computer (PC) yang memiliki prosesor gaming murah masih jadi pilihan para gamers di Tanah Air. Prosesor PC gaming murah memang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam memainkan game di komputer dan jumlahnya ada banyak di pasaran. Lalu apa saja prosesor PC yang punya harga terjangkau namun tetap aman digunakan untuk bermain game?

Daftar Prosesor PC Gaming Murah

Prosesor komputer adalah komponen paling penting dari sebuah PC. Prosesor juga bisa disebut sebagai otak yang ditempatkan di tengah motherboard. Fungsi prosesor pada PC mirip kinerja otak pada manusia yakni mengeluarkan perintah untuk memroses pekerjaan, termasuk dalam memainkan game.

Pentingnya peran prosesor pada PC tentu berpengaruh pada kelancaran permainan yang diinstal pada PC. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara merakit PC dengan prosesor sesuai keinginan, Anda bisa memilih satu di antara daftar berikut ini. Selain murah juga memiliki spesifikasi yang mumpuni.

  1. Intel Core i3-12100F

Prosesor tipe Intel Core i3-12100F bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda yang gemar bermain game di PC. Tipe ini rilis pada awal tahun 2022 yang mengalami pembaruan teknologi dan dibekali dengan socket baru.

Prosesor ini punya 4 core dan 8 threads berteknologi PCIe 4.0. Spesifikasi tersebut meningkatkan kecepatan laju data. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam sekitar Rp1,5 juta ke atas.

  1. Intel i3 9100F

Intel i3 9100F dirilis pada tahun 2019, namun Anda masih bisa mengandalkan prosesor ini dengan alasan biaya yang terjangkau dan kemampuannya yang cukup baik.

Prosesor Intel i3 9100F ini memiliki 4 core dan 4 threads dengan kecepatan default mencapai 3.6 GHz. Prosesor ini masih mampu memenuhi pekerjaan Anda yang cukup berat, termasuk dalam bermain game. Untuk harga, Intel i3 9100F ini dibanderol mulai dari Rp1,5 juta. Beberapa toko bahkan menjual dengan angka di bawah pasaran.

  1. AMD Ryzen 3 3100

Meski diluncurkan pada tahun 2020, namun prosesor ini masih bisa diandalkan untuk bermain game di PC. Prosesor ini cocok untuk Anda yang ingin merakit PC dengan performa tambahan dengan GPU eksternal atau VGA Card.

Produk AMD ini punya 4 Core dan 8 Threads. Sedangkan untuk L3 Chace punya 16 MB, 2 MB L2, dan L1 berkapasitas 256 KB. Prosesor ini punya inti core dengan pabrikasi 7 Nanometer sehingga kinerjanya lebih efisien. Harga yang tersedia di pasaran juga beragam. Beberapa toko online menjualnya seharga Rp2 juta kurang.

  1. AMD Ryzen 5 5600X

Prosesor AMD memang cukup bervariasi dan banyak pilihan. Selain AMD Ryzen 3 3100, Anda bisa memilih AMD Ryzen 5 5600X sebagai otak PC Anda. Tipe ini bisa jadi salah satu pilihan karena harganya terjangkau dan kemampuannya bisa mengakomodir kebutuhan game Anda di PC.

AMD Ryzen 5 5600X disebut setara dengan Intel Core i5-12600K namun harganya terpaut relatif banyak. Harga AMD Ryzen 5 5600X di toko online bervariasi, mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp3 juta.

  1. Intel Core i5 12400F

Anda juga masih bisa mengandalkan Intel Core i5 12400F sebagai prosesor PC Anda. Prosesor ini punya 6 core dan 12 thread. Selain itu clock speednya mulai 2.5GHz dan mampu overclock hingga 4.4GHz. Namun sematan F pada nama prosesor ini artinya tak ada grafis terintegrasi sehingga Anda butuh kartu grafis tambahan untuk meningkatkan pengalaman gaming Anda.

Daya yang diserap prosesor ini yakni 65 watt saat standar dan bisa mencapai 177 waat saat overclock. Prosesor ini dijual seharga kurang lebih Rp2,8 juta.

Itulah informasi terkait prosesor pc gaming murah. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.