Qualcomm Bermitra dengan Iridium Sediakan Layanan Perpesanan Berbasis Satelit untuk Android
Eksekutif Qualcomm dan Iridium jalin kerja sama. (foto: twitter @cristianoamon)

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm Inc telah bermitra dengan Iridium Communications Inc  untuk menyediakan layanan perpesanan berbasis satelit pada smartphone premium yang menjalankan sistem operasi Google Android. Hal ini terungkap dari sumber perusahaan pembuat chip tersebut pada Kamis, 5 Desember.

Kemitraan ini terjadi beberapa bulan setelah Apple Inc meluncurkan fitur serupa yang memungkinkan model iPhone 14 mengirim pesan darurat melalui satelit di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Kanada.

Ponsel tersebut juga memiliki chip Qualcomm yang dapat terhubung dengan satelit saat tidak ada Wi-Fi atau koneksi data seluler apa pun.

Qualcomm mengatakan pada Kamis lalu bahwa layanan baru, Satelit Snapdragon, akan tersedia di wilayah tertentu mulai paruh kedua tahun 2023, mulai dari perangkat yang menggunakan platform seluler Snapdragon 8 generasi kedua.

“Satelit Snapdragon juga dapat diaktifkan di perangkat lain termasuk laptop, kendaraan, dan tablet,” tambah sumber di Qualcomm seperti dikutip Reuters. Namun sumber ini tidak menyebut apakah perangkat tersebut memerlukan peralatan khusus agar bisa terhubung.

Menggunakan pesan teknologi Qualcomm yang dikirim melalui layanan akan mencapai jaringan satelit Iridium. Mereka kemudian akan dikomunikasikan ke penerima atau layanan darurat.

“Pembuat gadget berbasis GPS Garmin Ltd akan mengoordinasikan layanan tanggap darurat kepada pengguna,” kata Qualcomm.