Apple Tambahkan Akses Gratis ke Layanan Emergency SOS Satelit ke Pemilik iPhone 14
Fitur Emergency SOS Satelit Apple (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah satu tahun setelah layanan Emergency SOS melalui satelit Apple diluncurkan di semua model iPhone 14 di AS dan Kanada, sekarang perusahaan menawarkan akses gratis dua tahun ke pengguna iPhone 14 dan 15.

Akses gratis ini awalnya hanya berlaku satu tahun. Tapi Apple mengatakan, pengguna iPhone 14 yang sudah mengaktifkan ponselnya sebelum Rabu, 15 November di negara tempat layanan tersebut tersedia, akan mendapatkan akses gratis selama satu tahun tambahan. 

Sebagai informasi, teknologi inovatif dari Apple ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks dengan layanan darurat saat berada di luar jangkauan seluler dan Wi-Fi.

Kaiann Drance, wakil presiden Pemasaran Produk iPhone Seluruh Dunia, bercerita bagaimana SOS Darurat melalui satelit ini telah membantu menyelamatkan nyawa seseorang. Mulai dari seorang pria yang diselamatkan setelah mobilnya jatuh dari tebing setinggi 400 kaki di Los Angeles, hingga pejalan kaki yang tersesat yang ditemukan di Pegunungan Apennine di Italia. 

“Kami sangat senang pengguna iPhone 14 dan iPhone 15 dapat memanfaatkan layanan inovatif ini selama dua tahun lagi secara gratis,” kata Drance dalam sebuah pengumuman di situs resminya, dikutip Kamis, 16 November. 

Selain itu Apple baru-baru ini memperkenalkan Roadside Assistance melalui satelit untuk menghubungkan pengguna ke AAA jika mereka mengalami masalah mobil saat berada di luar jangkauan seluler dan Wi-Fi. 

Pengumuman ini datang setelah Qualcomm mengumumkan telah mengakhiri perjanjian dengan Iridium Communications Inc., dalam menghadirkan fitur SOS satelit untuk ponsel Android yang disebut dengan Snapdragon Satellite. 

Dalam pernyataannya saat itu, perusahaan mengatakan bahwa mereka berhasil mengembangkan dan mendemonstrasikan teknologinya. Tapi sayangnya, meskipun sukses secara teknis, produsen ponsel pintar belum memasukkan teknologi ini ke dalam perangkat mereka.