Microsoft Izinkan Penguji Windows 11 Coba Aplikasi Android, Hanya Berlaku di AS
Aplikasi adnroid diuji coba untuk berjalan di Windows 11. (foto: microsoft)

Bagikan:

JAKARTA – Microsoft kini  mengizinkan penguji Windows 11 untuk mencoba aplikasi Android. Versi pratinjau Subsistem Windows untuk Android sudah tersedia untuk penguji beta Windows 11 20 Oktober, yang menyediakan akses ke aplikasi dari Amazon Appstore. Penguji dengan prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm semuanya akan dapat mencoba aplikasi Android di Windows 11.

Aplikasi dapat dimuat melalui Microsoft Store, yang akan mencantumkan berbagai aplikasi yang kemudian mengarah ke Amazon Appstore untuk dimuat dan dipasang. Aplikasi Android dapat berjalan berdampingan dengan aplikasi Windows lainnya, dan juga terintegrasi ke dalam tampilan Alt + Tab dan Task View, dan Anda dapat menyematkannya ke menu Start atau bilah tugas.

“Anda dapat melihat notifikasi dari notifikasi aplikasi Android di Action Center atau membagikan clipboard Anda antara aplikasi Windows dan aplikasi Android,” jelas tim Android di Windows 11. “Kami telah membangun pengalaman dengan mempertimbangkan aksesibilitas; banyak pengaturan aksesibilitas Windows berlaku untuk aplikasi Android dan kami bekerja sama dengan Amazon untuk memberikan lebih banyak peningkatan.”

Microsoft telah bermitra dengan Amazon untuk menyusun 50 aplikasi untuk Windows Insiders untuk diuji pada Windows 11. Ini termasuk game seluler seperti Lords Mobile, June's Journey, dan Coin Master. Ada juga aplikasi membaca seperti Kindle, dan aplikasi anak-anak seperti Lego Duplo World atau Khan Academy Kids.

Lima puluh aplikasi adalah pilihan kecil dari lebih dari 3 juta aplikasi yang tersedia di Google Play Store, dan bahkan lebih dari 600.000 di Appstore Amazon. Tidak jelas berapa banyak aplikasi Android yang akan tersedia setelah fitur ini diluncurkan secara luas untuk Windows 11.

Microsoft telah membangun subsistem di Windows 11 untuk mengaktifkan dukungan aplikasi Android. Ini termasuk kernel Linux dan OS Android berdasarkan Android Open Source Project (AOSP) versi 11. “Subsistem berjalan di Mesin Virtual Hyper-V, seperti Subsistem Windows untuk Linux,” kata aplikasi Android Microsoft di tim Windows 11. “Ini memahami bagaimana memetakan runtime dan API aplikasi di lingkungan AOSP ke lapisan grafis Windows, buffer memori, mode input, perangkat fisik dan virtual, dan sensor.”

Subsistem ini mendukung chip AMD, Intel, dan Qualcomm, dan Microsoft telah bermitra dengan Intel untuk mengaktifkan aplikasi khusus Arm untuk berjalan di perangkat AMD dan Intel.

Microsoft hanya mengaktifkan aplikasi Android di Beta Channel Windows 11 saat ini, dan perusahaan mengatakan berencana untuk membawa pratinjau ke pengguna Dev Channel "di jalan." PC Windows 11 Anda perlu disetel ke wilayah AS, di Saluran Beta, dan juga memerlukan akun Amazon yang berbasis di AS untuk mengakses Amazon Appstore.