Selebritas India Luncurkan Memorabilia NFT dan Berharap Jutaan Dolar Mengalir ke Kantong Mereka
Amitabh Bachchan akan menyertakan poster bertanda tangan dari film-filmnya untuk NFT. (foto; instagram)

Bagikan:

JAKARTA— Selebritas India dari dunia Bollywood dan kriket semakin gencar meluncurkan memorabilia digital melalui non-fungible token (NFT). Mereka berharap untuk mendapatkan ribuan dolar dengan menguangkan minat yang meningkat pada aset tersebut.

NFT adalah jenis aset digital yang menggunakan blockchain untuk mencatat kepemilikan barang seperti gambar, video, dan koleksi lainnya. Popularitas mereka yang menggelegar telah membingungkan banyak orang tetapi pertumbuhan eksplosif tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Superstar Bollywood seperti Amitabh Bachchan dan Salman Khan berencana untuk segera meluncurkan NFT. Jika NFT Bachchan akan menyertakan poster bertanda tangan dari film-filmnya, Khan telah membangun kegembiraan di akun Twitter-nya dengan memberi tahu 43 juta pengikutnya tentang rencana peluncuran NFT.

"NFT saat ini asing bagi Bollywood, tetapi saya yakin mereka (bintang film) akan melihat ini sebagai platform lain di mana mereka dapat menggunakan konten yang ada dan menghasilkan pendapatan," kata Ayaan Agnihotri dari Bollycoin, pasar NFT untuk aset Bollywood.

Agnihotri mengatakan bahwa dalam beberapa hari peluncuran bulan ini, platformnya menjual 8 juta dari 20 juta yang tersedia yang disebut "BollyCoins", token kripto yang dapat digunakan untuk membeli NFT saat diluncurkan. Satu BollyCoin bernilai 10 sen AS. Tapi ini masih awal untuk NFT selebritas di India.

Pemain kriket India, Dinesh Karthik, melelang gulungan seni digital dari pertandingan kriket di mana ia memukul enam pemenang pertandingan pada bola terakhir untuk sekitar 5 ethereum, mata uang digital, senilai sekitar 20.000 dolar AS. Tapi dia belum menerima tawaran apapun.

"NFT telah mengambil banyak di Barat dalam satu tahun terakhir dengan sekarang momen ikonik dari bola basket yang dibeli oleh penggemar secara digital, yang memberi kami ide," kata Karthik kepada Reuters.

Orang lain telah sukses. Salah satu perancang busana papan atas India, Manish Malhotra, baru-baru ini menjual NFT sketsa digital dari beberapa kreasinya yang paling terkenal seharga 4.000 dolar AS per buah. Situs web Malhotra menunjukkan bahwa seseorang dapat membeli beberapa pakaian pengantinnya dengan kisaran harga yang lebih rendah dari 2.500-3.500 dolar AS.

Munculnya NFT telah membingungkan banyak orang yang mengatakan bahwa tidak masuk akal untuk menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk barang-barang yang tidak ada secara fisik dan hanya dapat dilihat secara online.

Namun, volume penjualan global NFT telah melonjak menjadi 10,7 miliar dolar AS pada kuartal ketiga 2021, membuat peningkatan delapan kali lipat dari kuartal sebelumnya, data dari pelacak pasar DappRadar menunjukkan hal itu.

Vishakha Singh, wakil presiden untuk NFT di pertukaran crypto India WazirX, mengatakan partisipasi selebritas di segmen ini akan menciptakan kegembiraan di ruang angkasa.

"Ini sangat bagus untuk ekosistem. Ini akan membantu kami dalam mengumpulkan lebih banyak kesadaran terhadap dunia aset digital yang mengubah permainan baru ini," kata Singh.