Yuga Labs Pencipta NFT Bored Ape, Jual Token yang Mewakili Tanah di Gim Dunia Virtual, Laris Manis
NFT "Otherdeeds", dapat ditukarkan sebagai bidang tanah virtual di lingkungan online. (foto: twitter @OthersideMeta)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan di balik pembuatan seri NFT "Bored Ape", Yugas Labs, telah mengumpulkan cryptocurrency senilai sekitar 285 juta dolar AS dengan menjual token yang mewakili tanah dalam gim dunia virtual yang kabarnya sedang dibangun.

Tahun lalu, perusahaan rintisan asal AS ini sudah menciptakan NFT Bored Ape Yacht Club, token berbasis blockchain yang mewakili 10.000 kera kartun yang dihasilkan komputer.

Token non-fungible (NFT) - aset kripto yang mewakili file digital seperti gambar, video, atau item dalam game online – kini telah meledak popularitasnya. Harga Bored Ape melonjak hingga masing-masing mencapai ratusan ribu dolar.

Mereka menjadi salah satu merek NFT yang paling menonjol, dengan Apes dijual di rumah lelang top dan dimiliki oleh selebritas dunia  termasuk Paris Hilton dan Madonna.

Sekarang, Yuga Labs - yang mengumpulkan 450 juta dolar AS pada bulan Maret dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Andreessen Horowitz, - telah mengarahkan pandangannya pada "metaverse".

Dalam penjualan online pada 30 April, Yuga Labs menjual NFT yang disebut "Otherdeeds", yang katanya dapat ditukarkan sebagai bidang tanah virtual di lingkungan online bertema Bore Apes yang disebut "Otherside."

"Otherdeeds" hanya dapat dibeli menggunakan cryptocurrency terkait proyek, yang disebut ApeCoin, yang diluncurkan pada bulan Maret.

Ada 55.000 Otherdeeds untuk dijual, dengan harga masing-masing 305 ApeCoin, dan perusahaan menulis di Twitter bahwa koin ini telah terjual habis.

Ini berarti penjualan menghasilkan 16.775.000 ApeCoin, senilai sekitar 285 juta dolar AS pada Minggu, 1 Mei  menurut perhitungan Reuters berdasarkan harga ApeCoin di bursa cryptocurrency Coinbase pada 12.10 GMT.

Penjualan tersebut menunjukkan permintaan tinggi yang berkelanjutan untuk aset kripto spekulatif dan berisiko tinggi yang terkait dengan dunia virtual online. NFT sebagian besar tidak diatur oleh peraturan perundangan, dan laporan penipuan, pemalsuan, dan manipulasi pasar masih sering terjadi.

Sementara banyak orang yang masih bingung dengan gagasan membayar dengan uang nyata untuk tanah yang tidak ada secara fisik, namun beberapa NFT tanah virtual justru telah menghasilkan jutaan dolar.

Metaverse Otherside akan menjadi lingkungan permainan multi-pemain, yang kabarnya saat ini sedang dalam pengembangan. Yuga Labs menolak untuk mengatakan berapa banyak orang yang bekerja untuk membangun Otherside atau kapan akan diluncurkan.

Penjualan Otherdeeds Yuga Labs muncul tak lama setelah akun Instagram resmi Bored Ape Yacht Club diretas dan tautan phishing diposting. Ini memungkinkan scammer mencuri NFT korban.