Bagikan:

JAKARTA - Harga dasar atau floor price NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) turun ke level terendah dalam 20 bulan, mencapai 30 ETH atau sekitar 58.000 dolar AS (Rp874 jutaan). Penurunan ini berdampak pada ApeCoin (APE), mata uang kripto terkait dengan koleksi Bored Ape NFT dari Yuga Labs. ApeCoin telah mengalami penurunan 15 persen dalam dua minggu terakhir, mencapai level terendah baru sepanjang masa di 1.85 dolar AS (setara Rp27.900) pada hari Jumat.

Meskipun harga dasar NFT Bored Ape mulai berangsur-angsur pulih, ApeCoin hampir mencapai titik terendah baru pada hari Senin. Sejak puncak pasar NFT pada Maret 2022, harga ApeCoin telah terkoreksi lebih dari 93 persen. Saat itu, harga APE mencapai level tertinggi sepanjang masa di 26,70 dolar AS (Rp402.769) dengan kapitalisasi pasar hampir 7,6 miliar dolar AS (Rp114 triliun).

ApeCoin merupakan mata uang utama dalam dunia virtual Yuga Labs yang disebut Otherside. Token ini diperkenalkan oleh ApeCoin DAO, sebuah organisasi berbasis komunitas yang memberikan pemegang Bored Ape dan pemilik NFT dari koleksi Mutant Ape Yacht Club kesempatan untuk memiliki suara dalam proyek dan aturan.

APE Foundation bertanggung jawab atas pengelolaan token dan pengawasan operasi DAO. Baru-baru ini, yayasan ini mengumumkan penunjukan penasihat khusus baru, menggantikan kursi yang ditinggalkan oleh Ketua Animoca Brands Yat Siu dan salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian.

Meskipun harga ApeCoin saat ini berada di titik terendahnya, kapitalisasi pasarnya sekitar 700 juta dolar AS (Rp10,5 triliun), yang sebanding dengan proyek metaverse lainnya seperti SAND milik The Sandbox sekitar 769 juta juta dolar AS (Rp11,6 triliun) dan MANA milik Decentraland di kisaran 699 juta dolar AS (Rp10,5 triliun). Kendati begitu, tampaknya komunitas kripto akan terus memantau perkembangan harga ApeCoin dan tren pasar NFT saat ini.