Gucci Gandeng Yuga Labs untuk Terjun ke Dunia NFT dan Web3
Gucci terjun ke NFT. (Foto; Dok. Bigbrandboys)

Bagikan:

JAKARTA - Gucci, merek ternama dalam dunia fashion, berencana untuk mengembangkan bisnisnya di ruang Web3. Hal ini diumumkan setelah Gucci melakukan kolaborasi multi-tahun dengan Yuga Labs.

Yuga Labs adalah perusahaan yang bergerak di bidang Web3 dan telah mengeluarkan beberapa koleksi NFT terkenal seperti Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan lainnya. Yuga Labs juga telah merilis metaverse-nya sendiri yang disebut Otherside, sebuah dunia digital dan game bertema Bored Ape.

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara kedua komunitas dengan mengeksplorasi konvergensi antara industri fashion dan hiburan dalam metaverse.

Robert Triefus, Senior Executive Gucci Vault & Metaverse Ventures, mengungkapkan rasa antusiasnya atas kolaborasi yang interdisipliner antara Gucci dan Yuga Labs. Gucci berharap dapat berpartisipasi aktif dalam narasi yang sedang berlangsung di The Otherside dan 10KTF, yang muncul dalam beberapa versi.

Dalam pernyataan Chief Creative Officer Yuga Labs, Michael Figg, kerja sama ini akan membantu mengembangkan peluang tak terbatas bagi kedua perusahaan. Triefus juga berbicara kepada Business School tentang kemungkinan merek mewah seperti Gucci memasuki dunia game di Metaverse. Menurutnya, Gucci harus mampu mengikuti perubahan dalam industri dan mampu menyesuaikan diri dengan gangguan dalam masyarakat.

Gucci akan memulai kontribusinya pada Otherside minggu ini. Triefus mengindikasikan hal ini saat berbicara di BoF Professional Summit: An Inflection Point in Fashion Tech. Menurutnya, Gucci masih melihat peluang jangka panjang di Web3 untuk menciptakan komunitas dan membangun loyalitas pelanggan, sehingga menghasilkan pendapatan.

Meskipun demikian, Triefus mengakui bahwa NFT pernah mengalami periode "wild west" dan mengalami penurunan pasar pada tahun 2021, namun sekarang dianggap lebih stabil. Gucci akan memanfaatkan keahlian Creative melalui kolaborasi strategis, seperti yang dilaporkan Coinspeaker.

Yuga Labs didirikan pada tahun 2021 dan dikenal sebagai pencipta Bored Ape Yacht Club, salah satu proyek NFT yang paling sukses. Perusahaan ini kemudian memperoleh hak atas CryptoPunks, Mebits, dan 10KTF. Pada Maret lalu, perusahaan ini mengumpulkan dana sebesar 450 juta dolar AS (Rp6,8 triliun) dengan valuasi 4 miliar dolar AS (setara Rp60,3 triliun).

Yuga Labs juga meluncurkan Second Trip untuk Otherside pada 25 Maret lalu, sebuah pengalaman "metaverse" baru yang diikuti oleh beberapa ribu pengguna secara bersamaan dan dapat berinteraksi secara real-time. Perusahaan ini menjadi salah satu pesaing utama dalam merancang pengalaman di metaverse.