Ini Deretan Selebritas yang Setahun Terakhir Bergabung  dalam Industri NFT
Matt Damon menjadi bagian dalam iklan crypto.com. (foto: tangkapan layar youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Ekosistem kripto inklusif telah menjadi rumah bagi banyak selebritas papan atas selama bertahun-tahun. Hal ini terutama didorong oleh hype token nonfungible (NFT) pada tahun 2021. Namun, terlepas dari market bearish yang berkepanjangan dan penurunan harga mata uang kripto yang nyata, selebritas terus mengalir masuk untuk mendukung pasar kripto.

Selama setahun terakhir, selebritas telah mulai menjelajahi sub-ekosistem di luar NFT. Bahkan mencoba mendiversifikasi kehadiran mereka di perdagangan, permainan, dan jalur investasi lainnya.

Berikut adalah ikhtisar dari beberapa selebritas paling berpengaruh yang masuk ke crypto selama setahun terakhir dan seberapa siap mereka untuk bull run berikutnya, yang disarikan dari Cointelegraph.

Connor McGregor bermitra dengan Tiger.Trade

Superstar UFC Connor McGregor, salah satu atlet dengan bayaran tertinggi, baru-baru ini bermitra dengan Tiger.Trade, aplikasi perdagangan kripto. Bagian dari kesepakatan itu melibatkan McGregor yang ditampilkan dalam game in-house yang dapat dimainkan pengguna untuk memenangkan hadiah eksklusif.

Sebelum menandatangani sebagai duta besar untuk Tiger.Trade, keterlibatan McGregor dalam crypto secara tidak langsung melalui kemitraan UFC dengan Crypto.com, di mana bonus dibayarkan kepada para pejuang dalam cryptocurrency.

Peluncuran gim baru-baru ini, meskipun diterima dengan baik oleh penggemar karena grafis dan hadiahnya, juga mendapat kritik terkait kurangnya cerita. Tidak seperti mayoritas petarung UFC top, McGregor tidak mengaitkan namanya dengan proyek NFT yang sekarang sudah tidak berfungsi dan terus menjaga kerahasiaan seputar pilihan investasinya dalam cryptocurrency.

Eminem Beli Bored Ape NFT seharga 460.000 dolar AS

Marshall Mathers, alias Eminem, adalah salah satu selebritas langka yang menjadi berita utama karena berinvestasi di NFT daripada mencoba menjual koleksi mereka. Pemenang Grammy lima belas kali itu membeli Bored Ape 'EminApe' NFT seharga 460.000 dolar AS (Rp 6,8 miliar), yang menggambarkan kalung rantai emas dan topi tentara khaki yang dikenakan Eminem di kehidupan nyata.

Hubungan Eminem dengan crypto dimulai pada tahun 2018, ketika rapper  ini menyebutkan Bitcoin (BTC) dalam albumnya yang baru dirilis Kamikaze. Namun, pembelian NFT berikutnya menetapkan minatnya pada investasi kripto. Pada Juni 2022, Eminem merilis video musik bertema Bored Ape Yacht Club (BAYC) NFT yang menampilkan legenda rap dan sesama penggemar kripto, Snoop Dogg.

Sementara Eminem belum secara terbuka berbagi ketertarikan terhadap aset kripto tertentu untuk investasi, rapper  ini malah terus berkolaborasi dengan BAYC untuk pertunjukan langsung.

Maria Sharapova Menjadi Investor Strategis di Moonpay

Legenda tenis Maria Sharapova, bersama dengan selebritas papan atas lainnya seperti Gal Gadot, Bruce Willis dan Justin Beiber, berinvestasi dalam solusi pembayaran kripto, Moonpay. Perusahaan mengungkapkan bahwa lebih dari 60 tokoh masyarakat dan selebritas di industri musik, olahraga, media, dan hiburan bergandengan tangan untuk menginvestasikan 87 juta dolar AS (Rp 1,3 triliun) dalam pendanaan Seri A mulai November 2021.

Investasi tersebut menandai masuknya Sharapova ke dunia kripto. Namun, sang superstar belum mengungkapkan rencananya untuk investasi dalam aset kripto.

Snoop Dogg: Wajah Web3 dan NFT

Posisi Snoop Dogg sebagai OG benar di dunia crypto mengingat keterlibatan proaktifnya dalam ruang kripto selama bertahun-tahun. Interaksi pertama Snoop dengan komunitas crypto dimulai dengan peringatannya terhadap peniru yang memasarkan token dan NFT bermerek Snoop Dogg palsu.

Setelah memperoleh pengetahuan tentang industri ini, rapper ini berkolaborasi dengan banyak proyek kripto, termasuk pertukaran kripto, Web3, gim, dan NFT, yang secara efektif mengkatalisasi adopsi kripto utama.

Baru-baru ini, Snoop Dogg mengumumkan peluncuran restoran baru di Los Angeles yang terinspirasi oleh NFT BAYC, bernama Bored and Hungry. Meskipun hype di sekitar NFT meredup, raja asap ini terus menunjukkan cinta pada ekosistem itu.

Floyd Mayweather Buat Comeback Crypto

Juara tinju legendaris Floyd Mayweather menandai masuknya ke cryptoverse pada tahun 2018, saat mempromosikan penipuan crypto profil tinggi yang disebut Centra Tech. Implikasi hukum dari mempromosikan proyek crypto yang tidak diperiksa mengharuskan Mayweather dan co-promotor DJ Khaled untuk membayar denda masing-masing sebesar 600.000 dan 150.000 dolar AS.

Belajar dari kesalahan sebelumnya, Mayweather meluncurkan proyek NFT baru Mayweverse — yang terdiri dari kumpulan 5.000 NFT. Rekam jejak petinju dalam terlibat dengan proyek-proyek yang menarik investor telah meninggalkan para penggemarnya dan masyarakat umum dengan perasaan campur aduk tentang proyek crypto baru.

Matt Damon Memilih Filantropi Melalui Sumbangan Kripto

Aktor Hollywood Matt Damon menerima sumbangan 1 juta dolar AS dari pertukaran crypto Crypto.com untuk Water.org, yakni yayasan air bersih yang didirikan bersama oleh Damon dan Gary White pada tahun 2009.  

Meskipun Damon belum mengungkapkan investasi crypto-nya, partisipasinya dalam iklan Cypto.com menarik kritik dari mayoritas komunitas crypto. Investor membalas saran Damon tentang "Keberuntungan berpihak pada pemberani" karena pasar bearish mengakibatkan kerugian besar di seluruh industri.

Berlawanan dengan tren proyek NFT yang didukung selebritas, kelompok pengawas konsumen Truth in Advertising  memanggil 19 selebritas yang mempromosikan NFT tanpa mengungkapkan hubungan mereka dengan proyek tersebut.

Perusahaan advokasi konsumen nirlaba mengungkapkan niatnya untuk menyelidiki selebritas yang mempromosikan investasi crypto “menipu”.  "Promotor sering gagal mengungkapkan hubungan material dengan perusahaan NFT yang didukung."

Menanggapi surat TINA.org terkait dengan promosi NFT di akun media sosial mereka tanpa mengungkapkan hubungannya dengan proyek tersebut, tim hukum Justin Bieber menanggapi dengan menyangkal melakukan kesalahan. Namun, tim mengkonfirmasi untuk memperbarui posting di media sosial.