Yuga Labs dan Moonpay Hadapi Gugatan <i>Class Action</i> karena Gunakan Selebritas Hollywood dalam Iklan NFT yang Menyesatkan
BFT produksi Yuga Labs. (foto: twitter @yugalabn)

Bagikan:

JAKARTA - Yuga Labs, pencipta Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan crypto fintech Moonpay menghadapi gugatan class action karena diduga menggunakan selebritas untuk mempromosikan dan menjual token nonfungible (NFT) secara menyesatkan.

Lebih dari 40 orang dan perusahaan disebutkan sebagai tergugat dalam gugatan tersebut, termasuk Paris Hilton, Snoop Dog, Jimmy Fallon, Justin Bieber, Madonna, Serena Williams, Post Malone, dan Diplo.

Gugatan kelompok ini diajukan pada 8 Desember oleh John T. Jasnoch dari pengacara Scott+Scott di Law LLP di Central District of California dan mengklaim perusahaan kripto menggunakan jaringan Hollywood-nya untuk mempromosikan aset digital tanpa memenuhi persyaratan pengungkapan.

“Kasus ini melambangkan kekhawatiran ini karena melibatkan skema besar antara perusahaan start-up blockchain, Yuga Labs, Inc. ('Yuga'), agen bakat Hollywood yang sangat terhubung (Defendant Guy Oseary), dan front operation (MoonPay) , yang semuanya bersatu untuk tujuan mempromosikan dan menjual serangkaian aset digital,” seperti tertulis dalam dokumen gugatan yang dikutip Cointelegraph.

Menurut gugatan tersebut, para eksekutif di Yuga Labs dan Oseary membuat rencana untuk memanfaatkan jaringan luas musisi, atlet, dan klien selebritas A-list, yang bertujuan untuk membawa persepsi investor tentang "bergabung dengan klub" melalui koleksi NFT andalan Yuga.

Eksklusivitas keanggotaan BAYC sepenuhnya didasarkan pada inklusi dan dukungan selebritas yang sangat berpengaruh. Tetapi minat yang diklaim dalam, dan dukungan dari, NFT BAYC oleh pembuat selera terkenal ini sepenuhnya diproduksi oleh Oseary atas perintah Tergugat Eksekutif, ”tuduh gugatan itu.

Kedua penggugat dalam kasus Adonis Real dan Adam Titcher membeli koleksi NFT Yuga Labs antara April 2021 hingga saat ini. Gugatan kelompok juga mengacu pada pernyataan Komisi Sekuritas dan Pertukaran Amerika Serikat (SEC) sebelumnya tentang dukungan selebritas, yang mengklaim “dukungan ini mungkin melanggar hukum jika mereka tidak mengungkapkan sifat, sumber, dan jumlah kompensasi yang dibayarkan, secara langsung atau tidak langsung , oleh perusahaan sebagai imbalan atas pengesahan tersebut.”

 “Klaim itu oportunistik dan parasit. Kami sangat percaya bahwa mereka tidak pantas, dan berharap untuk membuktikan sebanyak mungkin,” kata juru bicara Yuga Labs kepada Cointelegraph.

Seperti dilansir Cointelegraph, class action pertama kali diusulkan pada Juli lalu, ketika firma hukum Scott+Scott mengklaim Yuga Labs menggunakan dukungan selebritas untuk "meningkatkan harga" BAYC NFT dan APE. Token APE, berusaha mengidentifikasi investor yang dirugikan.

Yuga Labs juga merupakan bagian dari penyelidikan yang lebih luas ke pasar NFT oleh regulator AS. Laporan menunjukkan SEC sedang menyelidiki Yuga Labs mengenai apakah NFT tertentu "lebih mirip dengan saham" dan apakah penjualannya melanggar undang-undang federal.