Instagram Luncurkan Fitur SuperBeat yang Memungkinkan Pembuat Reels Lebih Mudah dan Menarik
Instagram kembali luncurkan fitur baru, SuperBeat. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA— Instagram telah meluncurkan fitur baru yang dijuluki SuperBeat yang memungkinkan pembuat Reels secara otomatis mengedit video sesuai irama lagu yang menyertainya. Rilis ini hadir di tengah banyak fitur yang bertujuan untuk membuat aplikasi milik Facebook ini menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

Hal ini termasuk cara untuk menulis Reel dan Umpan bersama, lirik layar dinamis, unggahan desktop, penggalangan dana, dan banyak lagi.

Sejak munculnya Snapchat dan TikTok, Facebook telah memfokuskan banyak upayanya untuk memastikan Instagram tetap semenarik mungkin, terutama bagi pengguna remaja. Aplikasi ini telah memberikan banyak energi ke dalam fitur videonya, dengan Reels, khususnya, menerima banyak perhatian sejak diluncurkan tahun lalu. Memang, kepala Instagram Adam Mosseri sejak itu mencatat bahwa dia tidak lagi menganggapnya sebagai platform berbagi foto.

SuperBeat adalah fitur Reels yang menjanjikan untuk membuatnya lebih menyenangkan dan mudah untuk membuat video pendek yang bereaksi tepat waktu terhadap trek audio. Pengguna membuka Reel dan menambahkan lagu yang ingin mereka gunakan. Selanjutnya, mereka membuka tab Efek, menemukan alat SuperBeats, dan menggunakannya pada klip mereka.

Pengguna dapat pula memilih salah satu dari lima efek SuperBeat untuk diterapkan ke video mereka secara otomatis. Pertama, ada Bass, yang mengemulasi visual dentuman dari speaker bass. Ulangi, yang menggilir tata letak layar penuh dan layar terbagi.

Chroma untuk sesaat membuat nada kromatik merah, hijau, dan biru keluar dari sumbu. Refraksi mirip dengan Chroma, kecuali bahwa nada bergeser ke depan dan ke belakang lagi. Terakhir, SuperBeat, yang menjalankan semua efek sebelumnya secara berulang.

Sementara Instagram ingin berbicara tentang berapa banyak fitur baru yang ditambahkan ke aplikasi, pembuat konten mungkin tidak ingin terlalu terikat. Perusahaan membuat banyak keributan tentang IGTV ketika diluncurkan pada 2018, hanya untuk menurunkannya dalam beberapa bulan terakhir. Hanya karena perusahaan menambahkan lebih banyak, itu tidak selalu berarti pengalaman yang lebih baik.

 Misalnya, mencoba melacak SuperBeat bukanlah pengalaman yang intuitif. Seperti yang sudah disorot, SuperBeat adalah fitur dalam Efek, "yang sendiri terselip di dalam Gulungan, yang merupakan opsi ketiga pada" Buat bar.

Ketika pengguna menemukan SuperBeat, mereka kemudian harus memutuskan mana dari lima preset yang ingin mereka gunakan pada video mereka. Secara relatif, itu semua sama dengan banyak berburu dan untuk sesuatu yang dimaksudkan untuk mempermudah membuat video Instagram Reels yang keren.