Cara Mudah Update Sistem Operasi Smartphone ke Versi Android Terbaru
Cara Mudah Mengupdate Sistem Operasi Smartphone ke Versi Android Terbaru (Garudaphone)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Update versi Android di smartphone ke versi terbaru sangat penting. Hal itu membuat smartphone Anda dapat menggunakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh operator, maupun memperbaiki bug yang muncul.

Dengan mengupdate sistem operasi Android ke versi terbaru, pengguna juga dapat terus menggunakan fitur-fitur resmi dari operator, yang dapat dipakai untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya itu, performa smartphone yang Anda miliki, akan cenderung stabil meskipun sudah dipakai selama bertahun-tahun. Oleh karenanya, pengguna disarankan untuk melakukan update secara berkala sistem Android yang digunakan.

Cara melakukannya pun sangat mudah, dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah, atau di mana pun. Anda hanya perlu memastikan baterai di ponsel Anda dapat bertahan cukup laman dan jaringan internet Anda lancar.

Pasalnya, untuk mengupdate sistem operasi Android ke versi terbaru, biasanya membutuhkan waktu cukup lama, dan memakan banyak penggunaan daya baterai di smartphone.

Jika Anda belum mengetahui cara melakukan update smartphone di ponsel Android, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disiapkan tim VOI dalam artikel berikut ini.

Cara Update Versi Android Terbaru

Untuk mengupdate sistem operasi smartphone Anda ke versi Android terbaru, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka menu "Pengaturan" pada smartphone Anda.

Selanjutnya, Anda dapat menggulirkan layar ke bawah hingga menemukan menu "update perangkat lunak". Jika ingin langsung melakukan update ke versi Android terbaru, pengguna dapat langsung mengklik "unduh dan instal" pada menu yang tersedia.

Kemudian, Anda dapat memilih fitur "Unduh", dan tunggu proses selanjutnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengunduh update Android versi terbaru secara ototmatis menggunakan jaringan WiFi degan menggeser tombol "unduh otomatis lewat WiFi".

Selain cara di atas, Anda juga dapat mengupdate sistem operasi Android ke versi terbaru dengan membuka menu "pengaturan", di smartphone Anda, dan klik menu "sistem".

Selanjutnya, klik fitur "Lanjutan" dan pilih "Pembaruan Sistem" yang tersedia di perangkat Android Anda. Tunggu smartphone melakukan proses pengunduhan secara otomasti, proses instalasi rampung.

Beberapa smartphone akan melakukan restart secara otomatis setelah Android versi baru terinstal. Namun, jika smartphone Anda tidak melakukan restart secara otomatis, Anda dapat melakukannya secara manual dengan menekan tombol power dan pilih "Restart"

Setelah melakukan restart, smartphone Anda sudah terpasang, sistem operasi Android versi baru. Anda pun dapat menggunakannya untuk mengunduh fitur-fitur yang disediakan pihak operator untuk mendukung pekerjaan Anda.

Demikianlah cara mengupdate Android ke versi terbaru. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas.