Android 12 Resmi Dirilis, Begini Cara Update di Ponsel Pixel
Android 12 Resmi Dirilis, Begini Cara Update Di Ponsel Pixel (PocketNow)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Versi final dari Android 12 sudah resmi dirilis oleh Google, dan dapat digunakan di Ponsel Pixel, dari Pixel 3 sampai Pixel 5. Sementara untuk Ponsel Pixel 6 sudah terinstall secara otomatis sehingga penggunanya tidak perlu melakukan install ulang Android ke versi terbaru.

Selain itu, untuk pengguna smartphone dengan merk lain seperti Samsung Galaxy, Oppo, Realme, Vivo, dan lainnya dapat menggunakan sistem operasi Android 12 mulai akhir tahun ini.

Sebelumnya, Google sebagai perusahaan pengembang telah mengeluarkan Android 12 versi "Developer Previews", dan versi "Beta" dan akhirnya secara resmi meluncurkan versi final dari sistem operasi Android 12 pada Rabu (20/10/2021).

Dikutip dari The Verge, terdapat sejumlah fitur tambahan dan beberapa perubahan di sistem operasi Android 12. Salah satunya adalah desain "Material You" yang memungkinkan penggunanya memiliki keleluasaan untuk mengatur "Homescreen".

"Android 12 lebih ekspresif daripada versi Android sebelumnya, dengan alat yang memungkinkan Anda mengoordinasikan warna yang dapat diperluas di seluruh ikon aplikasi, menu tarik-turun, widget, dan banyak lagi," bunyi keterangan Google, seperti dikutip dari The Verge.

Khusus untuk fitur Widget, pihak Google telah melakukan pembaharuan, baik dari segi tampilan maupun program yang ada di dalamnya. Mereka pun berencana untuk membuat lebih dari 12 widget tambahan yang dapat membantu sistem operasi smartphone yang menggunakan Android 12.

Bagi pengguna ponsel Pixel 3 Series, Pixel 4 Series dan Pixel 5 Series dapat melakukan update perangkat lunak di smartphone masing-masing dengan langkah-langkah berikut ini.

Cara Update Android 12 di Ponsel Pixel

Bagi pengguna Ponsel Pixel, dapat melakukan pembaruan Android ke versi terbaru dengan memilih menu "Pengaturan" pada smartphone Anda, dan pilih menu "Sistem" yang terdapat di dalamnya.

Selanjutnya, Anda dapat memilih menu "Pembaruan Sistem", maka akan muncul jendela pop-up apakah Anda ingin melakukan pembaruan sistem Android ke versi terbaru, klik "Ok" dan tunggu hingga proses pembaruan selesai.

Secara otomatis smartphone Anda akan melakukan restart untuk memulai sistem operasi Android 12. Namun, apabila ponsel Anda tidak melakukan restart secara otomatis dapat melakukannya secara manual.

Demikianlah cara melakukan update sistem Android di smartphone Anda ke versi Android 12. Bagi pengguna Ponsel Pixel dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk melakukan pembaruan, sementara untuk pengguna smartphone lainnya daapat menunggu hingga akhir tahun untuk bisa menggunakan sistem operasi Android 12.