Tepat 4 Oktober, Android 12 Bakal Resmi Meluncur
Google telah merilis versi beta terakhir Android 12 minggu lalu. (foto: GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA - Jadwal peluncuran Android 12 stabil untuk ponsel seri Google Pixel akhirnya terungkap. Google dilaporkan akan merilis pembaruan sistem operasinya tersebut pada 4 Oktober mendatang.

Belum lama ini diketahui Google telah merilis versi beta terakhir Android 12 minggu lalu. Sekarang XDA Developers membagikan dokumen internal Google yang merinci kode sumber Android 12 akan dipublikasikan bulan depan di Google Android Open Source Project (AOSP). Bertepatan dengan jadwal rilis update Android 12 stabil untuk seri Google Pixel.

Rencana peluncuran itu terungkap dari dokumen internal Google tentang izin update perangkat lunak untuk Android 10, Android 11, dan Android 12 ke depannya. Dokumen ini juga berisi tanda persetujuan Google kepada setiap OEM atau vendor smartphone sebelum menggulirkan pembaruan perangkat lunak untuk produknya.

Izin tersebut didapatkan setelah OEM dinyatakan lulus uji kompabilitas terhadap layanan Google Mobile Service (GMS). Jadi pengguna ponsel OnePlus, Xiaomi dan OPPO harus bersabar lebih dahulu.

XDA mencatat bahwa rilis AOSP biasanya bertepatan dengan hari ketika Google memulai rilis publik untuk versi Android baru.

"Pembaruan stabil Android 12 dapat dirilis pada 4 Oktober, karena saat itulah Google berencana untuk merilis ke AOSP. Tanggal rilis tentatif ini juga disebutkan oleh 3PL," ungkap jurnalis XDA Developers, Mishaal Rahman.

Jika tanggalnya sesuai, itu mungkin menguatkan petunjuk sebelumnya untuk debut Google Pixel 6. Pekan lalu, Google mengunggah beberapa gambar teaser dari seri andalannya yang akan datang di Instagram.

Melihat lebih dekat di widget jam pada gambar ponsel tampaknya mengisyaratkan 19 Oktober, jadi ada kemungkinan perangkat Pixel 6 akan diluncurkan dua minggu setelah Android 12 tersedia untuk umum.

Dokumen tersebut juga menyatakan Android 12 membutuhkan waktu lebih lama dari pendahulunya untuk diluncurkan. Misalnya saja, Android 10 dirilis ke publik pada 3 September 2019 sedangkan Android 11 resmi diluncurkan pada 8 September 2020.