Pembaruan Baru OS Android 11 Sudah Dirilis
Android 11 (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Google resmi menggulirkan pembaruan untuk sistem operasi (OS) Android 11. Sama seperti tahun sebelumnya, perangkat smartphone Google seperti Pixel 2, 3, 3A, 4 dan 4A akan pertama kali mencicipi update OS ini.

Dikutip The Verge, selain Pixel series, versi final Android 11 juga bisa diunduh untuk ponsel OnePlus, Oppo X2 dan Reno 3 melalui program open beta untuk pengguna di Amerika Utara, Eropa serta India.

Google menjanjikan, pembaruan OS ini akan segera meluncur untuk ke lebih perangkat smartphone berbasis android lainnya. "lebih banyak mitra yang meluncurkan dan meningkatkan perangkat selama beberapa bulan mendatang," tulis Google dalam blog resminya, Rabu, 9 September.

Ada sejumlah pembaruan fitur baru yang dihadirkan Google pada OS Android 11. Meski begitu Android 11 tidak membawa banyak perubahan menyeluruh, pasalnya Google lebih memfokuskan fungsionalitas dan optimalisasi kemampuan smartphone.

Salah satu perubahan terbesar dari Android 11 dengan mengelompokkan notifikasi dari aplikasi perpesanan dalam satu chat bubbles. Tampilan antarmuka gelembung yang sekilas mirip dengan Facebook Messenger sehingga membuatnya lebih mudah diakses.

Ada pula kontrol baru untuk media, antarmuka baru untuk screenshoot, menu kontrol smart home yang ditingkatkan (dapat diakses dengan menekan lama tombol daya. Selain itu, perusahaan juga kini memperkenalkan pengaturan permission (izin) yang lebih ketat dari sebelumnya.

Meski Android 11 juga tersedia di beberapa ponsel di pasaran saat ini, Google tetap sejumlah fitur eksklusif untuk perangkat Pixel mereka. Adapun fitur tersebut, termasuk AR-location, fungsi Google Smart Reply yang terintegrasi di Gboard ke lebih banyak aplikasi chatting, dan folder pintar.