Bagikan:

JAKARTA – Samsung merupakan salah satu perusahaan yang meluncurkan pembaruan Android dengan cepat di perangkatnya. Hal ini selalu terjadi setiap tahunnya, tetapi Android 15 akan mematahkan kebiasaan tersebut.

Di acara Samsung Developer Conference (SDC) 2024 yang digelar pada 3 Oktober lalu, pihak perusahaan mengungkapkan bahwa Android 15 tidak akan dirilis dalam waktu dekat. Rencananya, pembaruan untuk Operation System (OS) ini akan dirilis tahun depan.

Samsung tidak menjelaskan kapan OS ini akan tersedia, tetapi mereka mengonfirmasi bahwa pembaruan Android 15 tidak akan dirilis hingga peluncuran Galaxy berikutnya. Artinya, versi terbaru dari Android ini akan terlihat di perangkat terbaru Samsung.

Jika melihat dari timeline peluncuran Samsung setiap tahunnya, perangkat berikutnya yang diperkirakan akan dirilis adalah Galaxy S25 Series. Perangkat dengan Galaxy AI ini mungkin akan diluncurkan pada Januari tahun depan. 

Dengan kata lain, Galaxy S25 Series akan menjadi perangkat Samsung pertama yang mendapatkan Android 15. Ini merupakan keputusan yang tidak biasa karena Samsung selalu merilis pembaruan Android secara terpisah dari perangkat Galaxy-nya. 

Seperti Android 14 misalnya, perusahaan itu merilis pembaruannya pada Oktober tahun lalu dan meluncurkan Galaxy S24 Series beberapa bulan setelahnya. Namun, tindakan ini cukup masuk akal karena Android 15 juga dirilis dengan siklus yang aneh. 

Untuk pertama kalinya, dilansir dari 9to5google, Google meluncurkan ponsel terbarunya tanpa menyertakan sistem Androd terbaru buatannya. Setelah Pixel 9 dirilis, perusahaan itu baru merilis Android 15 untuk AOSP dan untuk Pixel pada Agustus lalu.