Bagikan:

JAKARTA - Samsung mengakhiri peluncuran Fold 6 dan Galaxy Watch Ultra minggu ini dengan mengumumkan bahwa platform XR terbarunya akan hadir tahun ini. Laporan terbaru memberikan detail lebih lanjut mengenai kapan headset Android XR dari Samsung tersebut mungkin akan diluncurkan.

Menurut Business Insider, timeline internal saat ini untuk headset Android XR buatan Samsung yang didukung oleh Qualcomm  dengan kode nama “Moohan” akan rilis untuk versi pengembang pada bulan Oktober. Ini akan diikuti dengan peluncuran untuk konsumen pada bulan Maret 2025.

Belum ada detail lain tentang ketersediaan mendatang, termasuk bagaimana gadget itu akan diumumkan dan apa yang akan ditampilkan. Misalnya, apakah akan ada keynote yang menghadap konsumen saat Oktober berfungsi sebagai pengumuman publik? Atau apakah perangkat keras tersebut akan tetap dirahasiakan dan diumumkan oleh Samsung di kemudian hari.

Peluncuran headset ini awalnya direncanakan untuk Q1 tahun ini, di mana Apple Vision Pro keluar pada bulan Februari. Namun peluncuran telah berulang kali ditunda, di mana pemimpin perusahaan “khawatir perangkat ini belum cukup baik untuk memukau pengguna.”

Ada spekulasi pihak internal bahwa Samsung akan menjadi yang pertama juga membuat kacamata dengan perangkat lunak AR Google, menurut dua karyawan yang akrab dengan masalah tersebut.

Google sendiri tidak memiliki rencana untuk membuat perangkat keras XR konsumen. Seorang karyawan dalam laporan  mengatakan, “Google keluar dari permainan pihak pertama untuk kacamata untuk masa mendatang.” Pada bulan Januari, Google memberhentikan tim perangkat keras augmented reality pihak pertama, yang diduga bekerja pada Iris. Proyek itu adalah hasil akuisisi North tahun 2020 dan dibatalkan pada Juni 2023.

Keputusan ini mungkin membantu meyakinkan mitra bahwa Google tidak akan bersaing dengan perangkat kerasnya sendiri dalam waktu dekat.

Google sedang membuat prototipe tampilan dengan perusahaan microLED (Raxium) yang dibelinya pada tahun 2022 untuk memamerkan perangkat lunaknya kepada mitra.  Bulan lalu, sebagai bagian dari perombakan yang lebih luas, Google membawa tim tampilan itu ke dalam divisi Android XR.