JAKARTA - Awal tahun ini, Amazon memperkenalkan Rufus, asisten belanja percakapan bertenaga AI generatif barunya.
Sekarang Rufus sudah tersedia untuk semua pelanggan AS di aplikasi Amazon Shopping.
Rufus dirancang untuk membantu pelanggan menghemat waktu dan membuat keputusan pembelian yang lebih tepat dengan menjawab pertanyaan tentang berbagai kebutuhan belanja dan produk langsung di aplikasi Amazon Shopping.
Adapun beberapa fungsi chatbot AI Rufus ini antara lain adalah:
Memahami detail produk
Ketikabpelanggan mengajukan pertanyaan khusus tentang produk, Rufus akan memberikan jawaban berdasarkan informasi yang ditemukan dalam detail daftar produk, ulasan pelanggan, dan Tanya Jawab komunitas.
Mendapatkan rekomendasi produk
Pelanggan telah berbagi bahwa Rufus menghadirkan produk dengan fitur yang tepat. Ketika pelanggan meminta rekomendasi produk, Rufus akan memberikan jawaban berkualitas tinggi dan informatif yang membantu mereka membuat pilihan produk.
Membandingkan pilihan
Pelanggan bisa menggunakan Rufus untuk membandingkan fitur dengan cepat dengan mengajukan pertanyaan seperti, "Apa perbedaan antara ponsel brand A dengan ponsel brand B".
Mendapatkan pembaruan produk terbaru
Pelanggan sering kali ingin berbelanja berdasarkan produk dan tren terbaru, dan Rufus membantu mereka mengikuti perkembangan seperti, "Apa tren denim untuk wanita?”
Mengakses pesanan saat ini dan sebelumnya
Rufus juga menyediakan pelanggan akses cepat dan mudah ke pelacakan paket dan mengajukan pertanyaan seperti, "Di mana pesanan saya?" atau lebih spesifik, "Kapan oven saya akan tiba?" untuk mengetahui kapan mereka dapat mengharapkan pesanan terbaru mereka.
BACA JUGA:
Menjawab pertanyaan yang tidak berhubungan dengan belanja
Tidak hanya menjawab mengenai produk, Rufus juga dapat menjawab semua jenis pertanyaan untuk membantu pelanggan di setiap tahap perjalanan belanja mereka.