Bagikan:

JAKARTA – Setelah diuji pada Mei lalu, Google akhirnya menambahkan iklan ke dalam AI Overview, alat ringkasan berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di Google Search. Hasil ringkasan kini akan menyertakan produk.

Misalnya, saat penggunaan mencari bagaimana cara mengatasi kotoran yang sulit dihilangkan di celana mereka menggunakan Google Search, AI Overview akan muncul dengan penjelasan yang bervariasi dari berbagai web dan menyertakan produk di bagian bawah. 

Mereka akan menampilkan produk penghilang noda dengan keterangan sponsored. Google menjelaskan bahwa produk yang ditampilkan sebagai iklan akan disesuaikan dengan kueri dan respons dari AI Overview sehingga pengguna bisa membuat keputusan pembelian yang tepat. 

"Format iklan baru ini dirancang untuk membantu orang menemukan merek baru dan membuat keputusan pembelian yang tepat. Iklan akan terus menampilkan label 'Disponsori' yang jelas dan transparan terdepan di industri kami," jelas Google. 

Pengembang mesin pencari dengan pasar terbesar di dunia itu mengatakan bahwa mereka mendapatkan respons yang positif saat menguji iklan di AI Overview. Menurut Google, banyak yang merasa terbantu dengan adanya iklan. 

"Kami telah melihat bahwa orang-orang merasa iklan langsung di AI Overviews bermanfaat karena mereka dapat dengan cepat terhubung dengan bisnis, produk, dan layanan yang relevan untuk mengambil langkah berikutnya,"ungkap Google. 

Meski sudah diluncurkan, iklan pada AI Overview baru diluncurkan secara bertahap untuk para pengguna di AS yang menggunakan perangkat seluler. Tidak diketahui kapan iklan untuk AI Overview akan diperluas ke negara lainnya.