Google dan Qualcomm Janjikan Pembaruan OS Android Lebih Lama
Ilustrasi (Photo by Denny Müller on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google dikabarkan berkolaborasi dengan Qualcomm untuk menghadirkan sistem operasi (OS) dengan rentang waktu update lebih lama. Mengingat Android hanya mendapat pembaruan OS sebanyak 2-3 tahun setelah dirilis. 

Dilansir dari Phone Arena, Jumat 18 Desember, rencananya ponsel Android yang dibekali chip Snapdragon akan menerima sampai tiga pembaruan sistem operasi. Hal ini tentunya akan mempermudah para pembuat ponsel untuk menyiapkan pembaruan OS secara berkala.

"Qualcomm akan mendukung pembaruan OS Android hingga empat tahun ke depan. Sehingga Snapdragon 888 akan mendapat support Android 11, 12, 13, dan 14," kata Qualcomm dalam pernyataan resminya.

Sejauh ini Qualcomm Snapdragon 888 jadi chipset pertama yang mendukung pembaruan hingga empat tahun. Tetapi kedepannya, baik Qualcomm dan Google menjanjikan akan menerapkan sistem serupa ke beberapa chipset lainnya.

Kendati, Qualcomm tak menjelaskan apakah dukungan pembaruan OS tersebut hanya didapat untuk chipset kelas atas, atau juga pada chipset kelas menengah ke bawah seperti Snapdragon seri 4 dan 6.

Hal ini tampaknya memang dibutuhkan oleh Google, sebab mereka hanya mengembangkan Android dari sisi sistem operasi, sementara soal hardware dipegang oleh perusahaan seperti Qualcomm, dan tentunya perusahaan pembuat ponsel.

Berbeda dengan Apple, yang menggarap semua sendiri, baik software maupun hardware. Sehingga mereka memiliki kontrol penuh terhadap perangkat yang mereka buat.