Google Bawa Fitur Baru Android 13 ke Ponsel yang Tidak Mendapat Pembaruan OS
Google membawa fitur-fitur baru dari Android 13 ke ponsel lama yang belum mendapatkan pembaruan Sistem Operasi (OS) (foto: dok. android)

Bagikan:

JAKARTA - Google membawa fitur-fitur baru dari Android 13 ke ponsel lama yang belum mendapatkan pembaruan Sistem Operasi (OS) selama ber tahun-tahun dalam Extension Software Developer Kit atau Extension SDK.

Dengan Extension SDK pengembang dapat menggunakan fitur seperti pemilih foto baru Android 13 di aplikasi yang berjalan pada beberapa versi Android 11 dan Android 12.

Dalam unggahan blog resminya, Google mengatakan fitur tersebut dapat memperluas dukungan fungsionalitas platform tertentu ke versi Android yang ada. Selain itu, perusahaan juga tampaknya memiliki rencana yang jauh lebih besar dengan Extension SDK, di mana mereka akan membawa Privacy Sandbox.

“Pembaruan ini juga menjadi landasan untuk memperluas pengujian Privacy Sandbox di Android,” kata juru bicara Google, Scott Westover.

Privacy Sandbox merupakan pengganti Google yang sedang dalam proses untuk sistem pelacakan iklannya saat ini, dan perusahaan berencana meluncurkan versi beta untuk sistem tersebut di Android 13.

Meski Google tidak berbicara tentang mem-backport Privacy Sandbox ke versi OS yang lebih lama, sepertinya Extension SDK akan membantu perusahaan memperbarui Privacy Sandbox pada versi Android yang lebih baru tanpa harus mengeluarkan pembaruan OS utama.

Melansir The Verge, Selasa, 10 Januari, ini hanyalah upaya terbaru dari Google untuk memastikan pengguna masih bisa mendapatkan fitur baru, meskipun perusahaan pembuat ponsel mereka tidak merilis pembaruan perangkat lunak.

Belum lama ini dengan Android 10, Google juga memperkenalkan Project Mainline, yang dimaksudkan agar beberapa bagian OS dapat diperbarui melalui Play Store. Mainline sendiri mengikuti Project Treble Android 8, yang memudahkan produsen ponsel mendorong pembaruan.