Setelah Uji Beta, Google Meluncurkan Streaming Aplikasi Android ke Chromebook
Google merilis pembaruan Chrome OS M115 untuk publik (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google merilis pembaruan Chrome OS M115 yang membuat streaming aplikasi Android bisa diakses oleh lebih banyak pengguna Chromebook. 

Jadi, jika Anda mengaktifkan Phone Hub, Anda dapat menjalankan aplikasi Android langsung dari perangkat seluler, tanpa harus menginstalnya di komputer. Pembaruan ini akan memungkinkan Anda untuk bisa membalas pesan atau memeriksa status pengiriman makanan, hingga mengedit daftar belanja.

"Anda sekarang dapat menyelesaikan tugas cepat seperti membalas percakapan, memeriksa status rideshare atau pengiriman, dan mengedit daftar belanja Anda dengan mengalirkan aplikasi ponsel Android Anda di Chromebook Anda," laman bantuannya.

Selain itu, pembaruan Chrome OS M115 juga memungkinkan Anda untuk menandatangani dokumen PDF dan menyimpan tanda tangan Anda untuk penggunaan lebih lanjut nanti. 

Terakhir, tidak lupa juga Google telah mendesain ulang aplikasi Shortcut berorientasi keyboard dengan antarmuka baru dan pencarian dalam aplikasi yang lebih mudah.

Sayangnya, fitur ini masih terbatas pada segelintir ponsel berkemampuan Android 13 dari Google dan Xiaomi. Dari Google, Anda akan membutuhkan Pixel 4a atau yang lebih baru. 

Sedangkan pengguna Xiaomi, membutuhkan setidaknya Xiaomi 12T atau yang terbaru. Perlu diperhatikan juga bahwa baik di Chromebook atau telepon, Anda harus berada di jaringan WiFi yang sama dan secara fisik dekat. 

Menurut catatan Engadget, beberapa jaringan mungkin tidak mendukung fitur ini, tetapi Anda dapat menggunakan Tethering Instan Chrome OS untuk membuat tautan jika perlu.