Google Akan Rilis Quick Share di Perangkat Android dan PC Bulan Depan
Google akan luncurkan Quick Share (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Di acara Consumer Electronics Show (CES) 2024, Google mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Quick Share, aplikasi untuk berbagi file antarperangkat dengan sangat mudah.

Quick Share merupakan hasil kolaborasi Google dengan Samsung. Keduanya menciptakan Quick Share sebagai penyedia solusi terbaik untuk berbagi file di perangkat Android. Solusi ini disebut sebagai solusi tunggal lintas-Android.

“Kami telah mengintegrasikan pengalaman dan menciptakan opsi bawaan terbaik untuk berbagi konten peer-to-peer di semua jenis perangkat di ekosistem Android,” ujar Wakil Presiden Ekositem Android, Sameer Samat, di situs resmi Google.

Selain menghadirkan Quick Share di perangkat Android, aplikasi ini juga akan hadir di perangkat komputer personal (PC). Google berniat menambahkan aplikasi ini ke dua jenis laptop, yaitu Chromebook dan Windows.

“Untuk membuat berbagi antarperangkat menjadi lebih lancar, kami bekerja sama dengan produsen PC terkemuka seperti LG untuk memperluas Quick Share ke PC Windows sebagai aplikasi pra-instal,” kata Samat.

Quick Share merupakan aplikasi pengganti dari Nearby Share yang Google luncurkan pada tahun 2020 lalu. Meski tidak dijelaskan secara gamblang, Samat sempat mengatakan bahwa pengguna, “Hanya dengan mengetuk ikon Quick Share yang baru.”

Artinya, Quick Share merupakan re-branding dari Nearby Share. Sebenarnya, beberapa orang sudah mengetahui hal ini karena Google telah mengganti namanya sejak akhir Desember lalu di perangkat Samsung Galaxy.

Namun, pergantian nama ini baru dilakukan di versi beta. Selain namanya yang berubah, logonya juga berganti menjadi dua anak panah yang saling menunjuk dengan ekor berbentuk setengah lingkaran. Rencananya, Quick Share akan diluncurkan ke publik pada bulan Februari.