Bagikan:

JAKARTA – Quick Share, alat untuk berbagi file di perangkat Android, akan mendapatkan fitur baru. Kabarnya, fitur Seret dan Lepas yang sebelumnya hanya ada di perangkat Windows akan dihadirkan di perangkat seluler.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh Android Authority. Saat membongkar Google Play Services versi beta terbaru, yaitu 24.34.32, terungkap bahwa Google sedang berusaha menambahkan fitur Seret dan Lepas ke dalam aplikasi Quick Share untuk perangkat Android.

Meski pembagian file dengan Quick Share tidak begitu rumit, pengguna harus melakukan beberapa tahapan hingga file bisa diterima perangkat lain. Mereka harus mencari berkas yang ingin dibagikan, lalu mencari tombol Share dengan aplikasi Quick Share.

Belum selesai di sana, pengguna harus mencari dan memilih perangkat yang akan menerima file tersebut. Terkadang, proses pencarian perangkat membutuhkan waktu yang lama sehingga pengiriman file tidak berjalan dengan cepat dan mudah.

Dengan adanya fitur Seret dan Lepas, pengguna bisa lebih mudah dalam membagikan file mereka. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Quick Share, menyeret file dari folder di dalam perangkat ke aplikasi Quick Share, lalu tinggal mencari perangkat yang akan menerima file.

Belum bisa dipastikan apakah fitur ini akan tersedia di seluruh perangkat Android karena Seret dan Lepas hanya menguntungkan perangkat dengan layar besar seperti tablet atau ponsel lipat. Pengguna ponsel biasa mungkin akan sedikit kesulitan dalam menyeret file.

Meski fitur ini sudah terlihat di aplikasi versi beta, fitur ini belum bisa digunakan. Sepertinya, Google masih mengembangkan fitur ini dalam waktu yang belum bisa dipastikan. Masih ada kemungkinan fitur ini batal diluncurkan di masa depan.